Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-05 21:56:15

BPBD Kabupaten Probolinggo Kirim Kantong Jenazah ke BPBD Lumajang

SINERGI: Petugas BPBD Kabupaten Probolinggo (kiri) menyerahkan bantuan kantong jenazah kepada petugas BPBD Lumajang.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mengirim kantong jenazah untuk membantu BPBD Kabupaten Lumajang, dalam penanganan pasca erupsi Gunung Semeru. Ada sebanyak 20 kantong jenazah yang dikirim langsung ke Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, pada Minggu (5/12/2021) sore.

Diketahui, BPBD Lumajang dibantu tim gabungan dan relawan masih terus melakukan pencarian dan identifikasi korban erupsi Gunung Semeru. Pencarian itu salah satunya dilakukan di desa terdampak di Kecamatan Candipuro.

Baca Juga : Diterjang Anging Kencang dan Hujan Deras, Pepohonan Tumbang

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Probolinggo Abdullah menyampaikan, sesuai koordinasi dengan Pemkab Lumajang, kantong jenazah masih dibutuhkan. Mengingat proses evakuasi terus berlangsung, dan dikahwatirkan masih terdapat korban meninggal di timbunan abu vulkanik. "Kami juga kirimkan 6000 masker," terangnya pada tadatodays.com.

Baca Juga : Baru Dua Minggu, Sudah 11 Bencana Alam Terjadi di Kabupaten Probolinggo

Sore itu, BPBD Kabupaten Probolinggo juga mengirim 5 personel untuk mengantar sekaligus membantu proses evakuasi jika dibutuhkan. Kelimanya telah tiba di posko induk di Kecamatan Candipuro, pada pukul 18.30 Wib. Mereka langsung menyerahkan bantuan tersebut.

Personel BPBD Kabupaten Probolinggo juga membantu pemasangan tenda untuk pengungsi yang jumlahnya terus bertambah.

Abdullah menjelaskan, pengiriman lima personel tersebut bukan tanpa alasan. Sebab BPBD Probolinggo sendiri masih membutuhkan personel untuk berjaga-jaga jika terjadi bencana di Kabupaten Probolinggo. Apalagi, musim penghujan yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor kerap terjadi. "Seperti banjir Dringu yang belum selesai," katanya.

Ia berharap bantuan kantong jenazah, masker dan personel tersebut dapat membantu para korban erupsi Gunung Semeru. Abdullah juga berharap agar erupsi Gunung Semeru cepat reda. (zr/don)