Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-28 13:01:02

BPN Sebut Warga Kurang Antusias Ikuti PTSL

TANTANGAN: BPN Kabupaten Probolinggo terus berupaya menggenjot program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Akan tetapi, BPN menyebut program tersebut kurang diminati warga.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Probolinggo terus melakukan upaya penyelesaian Progam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021. Saat ini sudah mampu menyelesaikan 60 persen. BPN menyebut, keinginan warga untuk mengikuti PTSL kurang antusias.

Hal itu disampaikan oleh Humas BPN setempat, Ernata. Saat ditemui di kantor BPN pada Rabu (27/10/2021) siang, ia mengatakan kalau target bidang tanah pada BPN itu selalu berubah-ubah. Namun saat ditanya alasan perubahan itu, ia enggan untuk menjelaskan.

Karena target bidang tanah itu sendiri merupakan tupoksi BPN, dan menjadi instruksi dari pemerintah pusat. Sehingga pihaknya tidak bisa menyebutkan secara detail terkait target tersebut. Meski target yang belum jelas, namun ia mengklaim kalau pihaknya sudah mampu menyelesaikan sebanyak 60 persen. "Ini masih terus berjalan," terangnya.

Erna menceritakan kalau kendala di lapangan terkait progam PTSL ini adalah, tentang kurangnya antusias masyarakat untuk mengikuti progam ini. “Bahkan 5 tim khusus progam PTSL sudah melakukan door to door kepada warga," ucapnya.

Sementara, Kaur Bagian Umum BPN, Manuel Atilulu mengatakan bahwa ada sekitar ada 8 kecamatan yang terdata mendapatkan progam PTSL. Yaitu, Kecamatan Sukapura, Bantaran, Tegalsiwalan, Besuk, Kotaanyar, Maron Kecamatan Banyuanyar, dan Kecamatan Lumbang.

Manuel berharap masyarakat antusias untuk mengikuti progam tersebut. “Sehingga dapat menyelesaikan target sebelum tahun 2021 berakhir,” katanya. (zr/don)