Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-28 19:41:12

Buka WSL di G-Land, Menpora: Banyuwangi Membanggakan!

PEMBUKAAN: Kejuaraan selancar dunia WSL Championship Tour 2022 di G-Land Banyuwangi resmi dibuka Menpora RI pada Jumat (27/5/2022) petang.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Word Surf League (WSL) Championship Tour 2022 yang digelar di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi resmi dibuka, pada Jumat (27/5/2022) petang. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka event dunia di Pantai Plengkung yang masuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi itu.

Pembukaan ajang tersebut dimeriahkan berbagai penampilan seni, seperti tari gandrung dan jaranan buto yang menceritakan asal mula Taman Nasional Alas Purwo. Seperti diketahui, Alas Purwo mempunyai karakter yang unik untuk dikunjungi para wisatawan mancanegara.

Baca Juga : Johanny Defay - Jack Robinson Juarai WSL G-Land Banyuwangi

Dalam sambutan pembukaannya, Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa pihaknya bangga dengan pencapaian Banyuwangi yang bisa menggelar event bergengsi seperti WSL yang go internasional.

Baca Juga : Rio Waida Terhenti di 16 Besar WSL G-Land Banyuwangi

"Ini merupakan kebanggaan bagi kita semua, terutama masyarakat Indonesia. WSL di Banyuwangi membuktikan kalau kita mempunyai potensi yang besar bagi tumbuh kembang para altet, serta olahraga tentunya," katanya. 

Selain itu, Zainudin menambahkan kalau event ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk dukung suport tourism. Sebab, itu yang membuat olahraga internasional bisa ditarik ke Indonesia, seperti WSL di Banyuwangi ini.

KONTESTAN: Para peselancar yang siap bertarung dalam WSL Championship Tour 2022 di G-Land Banyuwangi.

"Untuk potensi sport tourism sangatlah banyak. Maka dari itu, kita akan dorong potensi ini sehingga mendapat manfaat dari segi ekonomi," ungkapnya.

Sementara, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan kalau pihaknya sangat berterimakasih atas dukungan dari berbagai kalangan, sehingga Banyuwangi dapat menggelar WSL di G-Land Banyuwangi. "Ini merupakan momentum untuk Banyuwangi menunjukkan ke dunia kalau kita bisa menggelar ajang olahraga internasional," jelasnya.

Ipuk menambahkan, ajang seperti ini juga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Terutama menciptakan siklus ekonomi yang baik bagi masyarakat sekitar. "Tentunya hal ini sangat berdampak positif bagi ekonomi masyarakat. Untuk itu kami akan fokus menggelar ajang sport tourism," tandasnya.

Dalam momen pembukaan WSL petang itu hadir beberapa jajaran pejabat pemerintah pusat yang berkunjung ke Banyuwangi. Selain itu terlihat pula para peselancar yang sudah datang lebih awal di Banyuwangi. Di antaranya ialah para peselancar dari Amerika Serikat, Jepang, Brazil, Australia, Kostarika, Afrika Selatan, Prancis dan Hawai.

Seperti diketahui, ajang Word Surf League (WSL) Championship Tour 2022 di G- Land Banyuwangi akan digelar mulai 28 Mei sampai  4 Juni 2022. (rl/why)