Rifky Leo Argadinata


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-28 16:37:33

Bulog Banyuwangi Pastikan Stok Beras, Migor dan Gula Aman Hingga Lebaran

KEBUTUHAN POKOK: Warga Kabupaten Banyuwangi tidak perlu khawatir dengan ketersediaan berasd, minyak goreng dan gula di wilayahnya. Sebab Bulog setempat memastikan bahwa stok kebutuhan pokok tersebut aman hingga lebaran mendatang.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Banyuwangi pastikan ketersediaan kebutuhan pokok masih aman untuk memenuhi kebututhan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Seperti beras, minyak goreng (migor) dan gula.

Kepala Bulog Kabupaten Banyuwangi, Jusri Pake mengatakan kalau beberapa kebutuhan masyarakat seperti beras, migor dan gula masih aman menjelang lebaran. Jusri menyebutkan bahwa kebutuhan migor saat ini tergolong cukup tinggi.

Baca Juga : Migor Curah di Atas HET, Disperindag Operasi Pasar

Untuk itu, kata Jusri, Bulog menyediakan 3 ribu liter migor kemasan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. "Persedian hanya untuk kegiatan yang sifatnya operasi pasar dan juga permintaan paket dari instansi yang membutuhkan," katanya.

Baca Juga : Bulog Jember Pastikan Ketersediaan Beras dan Gula Tercukupi hingga Idul Fitri

Jusri menyatakan bahwa Bulog hanya menyediakan migor bentuk kemasan ekonomis. Dengan kata lain, Bulog tidak menyediakan minyak goreng curah karena belum memiliki kewenangan untuk menyediakan migor curah.

Sementara dari pengamatan Jusri, tingginya kebutuhan masyarakat akan migor tidak seperti saat awal  terjadinya kelangkaan. Tidak ada lagi langkah masyarakat yang menggebu-gebu untuk mendapatkan migor. "Setelah ditetapkan harga, permintaan tidak terlalu banyak lagi seperti saat awal lalu. Saat ini per liter minyak goreng harganya Rp 24 ribu," ujarnya.

Sementara untuk ketersediaan gula dan beras, ia memastikan masih aman. Per harinya Bulog mampu menyerap beras hingga 50 sampai 200 ton dari petani. Sedangkan untuk stok beras yang tersimpan mencapai 8 ribu ton, dan untuk stok gula tersedia 45 ton. Stok tersebut aman hingga lebaran. (rl/don)