Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-27 16:38:37

Bupati dan Wabup Jember Telah Disuntik Vaksin Sinovac, Tidak Alami Gejala

AMAN: Bupati Jember, Faida, saat disuntik vaksin Sinovac oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Kaliwates.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Penyuntikan vaksin Sinovac perdana di Kabupaten Jember telah dilakukan pada Rabu (27/1/2021). Dan, yang disuntik pertama kali ialah Bupati Faida.

Setelah Bupati Faida, penyuntikan vaksin Sinovac berikutnya kepada  Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Infantri La Ode Muhammad Noerdin, lalu Wakil Bupati Jember Abdul Muqiet Arief. Penyuntikan itu dlakukan di Puskesmas Kaliwates.

Baca Juga : Penjemput Paksa Jenazah Probable Covid-19 Bakal Dijerat dengan UU Karantina

Ketiga pejabat tersebut lebih dulu divaksin, setelah lolos di tahap screening.

Baca Juga : Satgas akan Swab Masal Jika Jenazah yang Dijemput Paksa Positif Covid-19

Usai divaksin, Bupati Faida menerangkan, masyarakat harus memahami bahwa sebelum disuntik ada sejumlah tahapan yang harus dilalui. Di antaranya, registrasi, screening kesehatan, vaksinasi, dan ruang observasi. "Iya ini sudah disuntik vaksin," kata Faida, sambil menunjuk lengan kanannya yang telah disuntik.

Faida mengatakan, untuk screening kesehatan ada pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar perut, kemudian pengecekan diabetes, asam urat, dan kolesterol.  "Kalau tidak lolos screening kesehatan, maka vaksinasi bisa ditunda," ujar Faida.

Untuk tahap observasi, lanjutnya, menunggu sekitar 30 menit apakah ada gejala mual, muntah, dan pusing. "Alhamdulillah saya tidak merasakan gejala apa-apa," katanya.

Terkait pemberian vaksin tahap pertama itu, kata Faida, ditargetkan bagi para tenaga kesehatan. Menurutnya, tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19 dan pendataannya sudah dilakukan secara daring.

Sementara itu, Wabup Jember, Abdul Muqiet Arif mengatakan, dirinya tidak ada persiapan khusus yang dilakukan saat akan mendapat suntikan vaksin Sinovac.

Wabup juga tidak mengalami gejala apapun pasca disuntik. "Aaya sangat bersemangat sekali untuk mendapat vaksin Covid-19," katanya.

Diketahui, vaksin Sinovac yang diterima Pemkab Jember sebanyak 6.800 dosis (vial), dan dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Jember pada tahap pertama. Sementara, jumlah fasilitas kesehatan yang akan melakukan vaksinasi untuk tenaga kesehatan tersebar di 50 puskesmas dan RSD dr. Soebandi Jember.

Vaksin Sinovac Covid-19 itu sampai di Kabupaten Jember sekitar pukul 15.20 WIB, Selasa sore (26/1/2021) kemarin. Vaksin tersebut langsung disimpan di Gudang Farmasi Unit Pelaksana Teknis Instalasi Farmasi Kesehatan (UPT IFK) Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Jalan Ciliwung Nomor 41 Kelurahan Jemberlor Kecamatan Patrang.

Vaksin itu diterima langsung oleh Plt. Kadinkes Jember, Dyah Kusworini, dan diserahkan secara resmi oleh staf dari Surveilance Dinkes Provinsi Jatim. (as/don)