Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-01 21:48:45

Bupati Jember Imbau Petani Olah Hasil Pertanian dan Ajukan Izin

MOTIVASI: Bupati Jember Hendy Siswanto mengimbau petani di Jember untuk menjual produk olahan hasil pertanian serta mengurus izin produksi agar pemasarannya semakin mudah.

TADATODAYS.COM, JEMBER - Bupati Jember Hendy Siswanto meminta petani  di Kabupaten Jember yang memiliki produk pertanian pascapanen, segera mengurus izin untuk produknya. Karena saat ini sudah cukup banyak produk hasil olahan yang ada di Jember, namun banyak yang belum memiliki izin.

Produk yang tidak memiliki izin itu menurut bupati yang akrab disapa Hendy tersebut, akan terkendala pada saat pemasaran. Dengan memiliki izin, Pemkab Jember dapat membangun proses promosi dan pemasaran melalui Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait.

Baca Juga : Bupati Hendy Berangkatkan 905 CJH Jember secara Bertahap

“Banyak produk yang belum berizin, ayo segera diurus di dinas (DPMPTSP, Red). Nanti, produknya  bisa masuk di e-katalog,” ujar Hendy saat mengukuhan pengurus masyarakat perlindungan indikasi geografis kopi robusta, di aula Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP), Rabu (1/6/2022) sore.

Baca Juga : Konfercab PWI Jember Dibuka Bupati, 3 Caketum Bersaing

Meski banyak produk olahan yang dihasilkan, Hendy menyebut banyak petani yang menjual hasil pertanian dalam bentuk mentah. Menurutnya, pola pikir tersebut perlu diubah dengan menjual produk olahan.

Diketahui, saat ini Jember memiliki  berbagai macam hasil pertanian yang sangat melimpah. Tak hanya itu, Jember juga memiliki banyak ahli di bidang pertanian. Berdasarkan dua hal itu, ia yakin Kabupaten Jember mampu menghasilkan produk pertanian pasca panen yang berkualitas dan unggul.

Namun demikian, semuanya tidak dapat terwujud maksimal ketika tidak dimulaii dengan kesadaran bersama. “Petani harus menjual beras jangan menjual gabah, harus diolah dulu,” sarannya. (*/as/sp)