Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-18 20:46:55

Catut Nama Wabup Timbul Prihanjoko, Sebuah Akun Facebook Minta Sumbangan

PENIPU: Akun Facebook ini diberi nama Timbul Prihanjoko, Wabup Probolinggo dan digunakan untuk meminta sumbangan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Nama Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihandjoko dicatut untuk meminta sumbangan. Permintaan sumbangan itu dilakukan melalui aplikasi media sosial Facebook. Bahkan tak hanya nama, foto Wabup Timbul juga dipasang sebagai foto profil.

Wabup Timbul Prihandjoko, mengatakan bahwa ia sudah tahu bahwa ada yang mencatut namanya di Facebook. "Ia benar ada yang mengkloning (menggandakan, red) akun Facebook saya. Saya taunya banyak yang laporan ke saya, termasuk teman saya yang di Batam dan Surabaya yang menanyakan itu," ucapnya pada Tadatodays.com, Rabu (18/11/2020)

Baca Juga : Selidiki Komplotan Penggelapan 14 Mobil Rental, Semua Pelaku Perempuan

Akun tersebut diduga dibuat untuk melakukan penipuan. Caranya dengan mengirim pesan pribadi kepada akun yang menjadi teman oknum tersebut di facebook. Dalam pesan akun palsu itu, ia menyebut sedang menggalang dana bantuan covid-19 dan meminta bantuan dana kepada korbannya untuk ditransfer ke rekening yang sudah ia tentukan. Saat ini sudah ada salah satu korban yang berhasil di kelabuinya dan sudah mentransfer uang ke nomor rekening yang diberikan oleh akun facebook itu.

Baca Juga : Beredar Akun Whatsapp Mengatasnamakan Bupati Probolinggo

"Ada korban sudah mentransfer, tapi tidak banyak hanya Rp 100 ribu. Kalau yang lainnya saya masih belum tau, tapi yang jelas yang lapor ke saya itu ya mentransfer Rp 100 ribu itu," tutur Timbul saat dikonfirmasi via seluler.

Ia juga mengaku saat ini pihaknya akan melakukan proses pelaporan, hanya saja masih terkendala faktor kesibukan. (zr/hvn)