Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-17 22:15:31

Cek Kesehatan Berkala dengan Gebyar Posyandu Lansia

KUNJUNGI LANSIA: Petugas Puskesmas Tongas melaksanakan Gebyar Posyandu Lansia dengan datang ke rumah-rumah lansia untuk memeriksa kondisi kesehatannya. Termasuk melakukan vaksinasi covid-19.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Puskesmas Tongas memberikan perhatian lebih pada warga lanjut usia. Yakni, yang usianya di atas 60 tahun. Salah satunya dengan menggelar program Posyandu lansia. Program itu penting dilakukan, karena lansia proses penuaan yang memiliki dampak terhadap tiga aspek, yaitu biologis, ekonomi, dan sosial.

Posyandu lansia sendiri dimaksudkan untuk peningkatan taraf hidup lansia. Kegiatan yang telah dilakukan antara lain pemeriksaan kesehatan gratis berupa cek tekanan darah, kolesterol, asam urat, dan gula darah. Kegiatan gebyar posyandu lansia terintegrasi vaksinasi telah digelar selama 2 hari. Yaitu, Jumat-Sabtu (12-13/11/2021).

Baca Juga : Puskesmas Ranugedang Libatkan Siswa untuk Menyosialisasikan Germas

Rencananya, kegiatan serupa akan dilanjutkan minggu depan di desa-desa wilayah kerja puskesmas tongas. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan lansia menjadi sadar akan pentingnya pemeriksaan berkala. Sehingga, para lansia bisa mendeteksi lebih dini jika terdeteksi mengalami sakit yang butuh penanganan lebih lanjut.

Baca Juga : Puskesmas Ranugedang Libatkan Siswa untuk Sosialisasikan Germas

APRESIASI: Program Posyandu Lansia mendapat respons positif dari perusahaan. Tercatat, tiga perusahaan berkontribusi melalui program CSR untuk mendukung kegiatan Puskesmas Tongas.

“Pemeriksaan posyandu lansia ini sendiri bagian dari kegiatan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Red). Cek kesehatan berkala untuk mendeteksi lebih dini agar tidak menjadi penyakit yang berbahaya. Sehingga kita semua hidup berkualitas dan sehat,” kata Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani.

Uniknya, Posyandu lansia ini dilakukan di masing-masing Posyandu dusun, juga dilakukan secara door to door melalui Jemput Pasien Hipertensi Sampai Diobati. Tak hanya pemeriksaan kesehatan, juga diintegrasikan dengan cek kesehatan bekala dan vaksinasi covid-19. Pasalnya, lansia merupakan kelompok risiko tinggi saat pandemic.

PENINGKATAN GIZI: Warga menerima bantuan mulai telur, air mineral, hingga kue dari perusahaan. Program ini dilaksanakan sebagai bagian dari program Germas.

Kegiatan ini ternyata mendapat apresiasi dari perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Di antaranya, bantuan 4 ribu butir telur dari PT. Charoen Pokphand, air mineral dari PT. Bromo Tirta Lestari, dan 100 kotak kue dari PT. Santosa Agrindo.

“Setiap ada jadwal pelaksanaan Posyandu lansia, pasti ramai dikunjungi warga yang ingin mengecek kesehatannya,” jelasnya. Sasarannya sementara ini Desa Tongas Wetan, Desa Bayeman, Desa Sumendi, dan Desa Wringin Anom. (*/mel/sp)