Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-23 21:51:10

Cuaca Panas, 6 Hektar Hutan di Gunung Bentar Probolinggo Terbakar

ILALANG: Meski hanya ilalang dan rerumputan yang terbakar, petugas dengan sigap memadamkan api agar tak merembet ke area yang lebih luas di Gunung Bentar.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Amukan si jago merah melanda hutan di Gunung Bentar, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Tepatnya di petak 22b dan 22c blok Jurang Mayit, Resort Pemangku Hutan (RPH) Klenang yang masuk dalam BKPH (Bagian Kesatuan Pemangku Hutan) Probolinggo. “Sumber api atau penyebab kebakaran berasal dari alam atau cuaca panas,” terang Kapolsek Gending, AKP Ohim.

Awalnya, pada pukul 10.40 Pelaksana Harian (Plh) KRPH Klenang Muhammad Khasan mendapat informasi dari masyarakat Desa Sumberkerang, kecamatan setempat. Bahwa telah terjadi kebakaran di Gunung Bentar. Informasi itu kemudian juga sampai ke polisi. Selanjutnya ia pun mendatangi lokasi kejadian di Gunung Bentar itu.

Baca Juga : Lupa Matikan Kompor, Dapur Warga Pilang Terbakar

Diketahui, pegunungan ini memiliki luas baku 61,20 hektare dengan jenis tanaman Jati yang ditanam tahun 1996 kelas hutan KU V. Kemudian luas baku 22,00 hektare jenis tanaman Kesambi (HAS) Fungsi Hutan Produksi.

Baca Juga : Lahan Kosong di Dekat Perumahan Terbakar, BPBD Imbau Masyarakat Lebih Hati-hati

Sementara lahan yang terbakar, seluas 6 hektare dan api baru berhasil dipadamkan oleh 17 petugas gabungan dari Lantamal V, Koramil Gending, Kodim 0820, Polsek Gending, Asper KRPH Klenang, dan masyarakat. Mereka berjibaku dengan api selama 5 jam 15 menit. Selama kebakaran itu, jenis tanaman atau vegetasi hutan yang terbakar adalah semak-semak dan ilalang atau rumput kering. “Pemadaman dimulai dari pukul 10.45 sampai dengan pukul 16.00. Kerugian meteriil kurang lebih Rp 135 ribu,” terang Kapolsek Gending, AKP. Ohim. (hla/hvn)