Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-06 15:51:14

Daftar Cawali-Cawawali, Gus Ipul-Adi Wibowo Kayuh Becak ke Kantor KPU

GANTI MENGAYUH: Gus Ipul-Adi Wibowo mengayuh becak ke kantor KPU untuk mendaftar sebagai calon wali kota dan wakil wali Kota Pasuruan.

PASURUAN, TADATODAYS.COM - Bakal Pasangan calon (Bapaslon) Muhammad Saifullah Yusuf dan Adi Wibowo, resmi mendaftar sebagai bakal calon walikota dan wakil walikota, Minggu (6/9/2020). Mereka berangkat ke kantor KPU dengan mengayuh becak.

Dari pantauan tadatodays.com, keduanya diantar kader parpol pengusung. Yakni Ketua DPC PKB Ismail Marzuki Hasan, Sekretaris DPC PKB Achmad Junaidi, Ketua DPD Partai Golkar M. Toyip, dan Sekretaris DPD Partai Golkar Teguh Winarto.

Baca Juga : Debat Publik Perdana, 2 Paslon Wali Kota Pasuruan Sampaikan Visi dan Misi

Kemudian, Ketua DPD PKS Ismu Hardianto, Sekretaris DPD PKS Agung Pamujianto, Ketua DPD PAN Helmi, Sekretaris DPD PAN Wiwin Ariesta, Ketua DPC PPP Muhammad Arief, dan Sekretaris DPC Mukaromah.

Baca Juga : Debat Publik Perdana, 2 Paslon Wali Kota Pasuruan Sampaikan Visi-Misi

Sekira pukul 09.00 WIB sebelum berangkat, mereka terlebih dahulu sowan kepada tokoh masyarakat setempat. Di antaranya, KH. Idris Hamid untuk meminta restu. Selanjutnya menuju makam KH. Abdul Hamid di dekat Masjid Agung Al-Anwar. Terakhir memberikan santunan pada 50 anak yatim di Pasar Poncol.

Uniknya, Gus Ipul-Mas Adi berangkat ke KPU Jl. Panglima Sudirman, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Purworejo, menggunakan becak yang dikayuhnya sendiri. Sementara pemilik becak, duduk di bangku penumpang.

Di belakangnya, iring-iringan puluhan becak menemani. Tampak juga Ketua DPP Partai Golkar Mukhammad Misbakhun, serta anggota DPR RI dari Fraksi PKB Anisah Syakur.

Rombongan bapaslon dengan tagline MADINAH itu tiba di kantor KPU sekira pukul 10.40 WIB dengan iringan hadrah. Sesampainya di gerbang KPU, mereka menjalani serangkaian protokol covid-19.

Setelah bergantian mengisi daftar hadir, pukul 11.00 WIB Gus Ipul-Adi Wibowo beserta ketua dan sekretaris pengusung memasuki ruang pendaftaran. Mereka langsung disambut Ketua dan anggota KPU Kota Pasuruan.

Selesai memberikan berkas, Gus Ipul didampingi Adi mengatakan pada hari ketiga, pihaknya telah melakukan pendaftaran. Mereka akan mengikuti prosedur tahapan yang ditetapkan KPU. “Kami mohon doa restu. Kami punya mimpi Kota Pasuruan lebih maju,” katanya.

Berkas pendaftaran yang berisi syarat calon dan pencalonan kemudian diperiksa oleh petugas KPU. Butuh waktu sekira 1 jam 20 menit proses pemeriksaan berkas sebelum dinyatakan lengkap. Jika berangkat menggunakan becak, saat pulang Gus Ipul-Adi Wibowo bersama parpol pengusung dan simpatisan naik 5 unit angkot.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari mengatakan, seluruh persyaratan dinyatakan lengkap. “Setelah itu, kita masukkan ke dalam Silon dan itu akan keluar tanda terima (TT) pendaftaran. Dengan adanya TT, maka bapaslon sah mendaftar,” jelasnya.

Selanjutnya, Royce -sapaannya- menuturkan tanggal 8 September, pihaknya mengumumkan kekurangan dari isi berkas. Agar hal itu dapat diperpanjang atau diperbaiki sampai waktu yang telah ditentukan. (ang/sp)