Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-30 20:17:45

Dalam Sehari, Ada Tambahan 32 Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo

PETA SEBARAN: Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo merilis kasus positif covid-19 di wilayahnya. Pada Rabu (30/6), tambahan kasus positif sebanyak 32 orang.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo melaporkan peningkatan pasien positif covid-19. Tak tanggung-tanggung, dari data yang dirilis satgas pada Rabu (30/6/2021), tambahan jumlah kasus positif sebanyak 32 orang.

Juru bicara satgas setempat, dr. Dewi Vironica saat dikonfirmasi mengatakan, naiknya kasus covid-19 yang cukup signifikan tersebut merupakan hasil tracing dari kasus sebelumnya. Dimana salah satu pegawai pemkab setempat yang terpapar.

Baca Juga : Rilis Perpanjangan PPKM Darurat, Tantri: Angka Kematian Masih Tinggi

Kemudian pegawai tersebut dilakukan tracing pada kontak eratnya, mulai dari keluarga, saudara, hingga teman sekantornya. "Kemudian banyak ditemukan kasus-kasus positif. Jadi, klaster perkantoran," terangnya, melalui panggilan via whatsapp.

Baca Juga : Rilis Perpanjangan PPKM, Tantri: Angka Kematian Masih Tinggi

Viro mengaku belum mengetahui apakah pasien-pasien tersebut bakal dilakukan sequencing genome untuk mengetahui jenis varian virusnya. Karena syarat untuk dilakukan sequencing genome itu apabila nilai CT Valuenya di bawah 25. Sedangkan nilai tersebut hanya diketahui pihak rumah sakit.

Jika nantinya ada pasien yang nikai CT valuenya di bawah 25, maka pihak rumah sakit akan mengirim sampel yang bersangkutan ke laboratorium Surabaya untuk dilakukan sequencing genome. "Nanti sana (laboratorium) yang memilih," katanya.

Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Yakni mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menghindari mobilitas dan menghindari makan berkerumunan.

Sekadar informasi, kasus positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo sejak awal hingga saat ini sebanyak 3.432. Dari jumlah itu 139 masih dirawat, 3.092 sembuh, dan 201 meninggal dunia. (zr/don)