Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-24 19:05:03

Danramil di Probolinggo Positif Covid-19, Istrinya Tutup Usia karena Corona

TETAP BUKA: Koramil Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo tetap buka meski Danramilnya, Capt. A dinyatakan positif covid-19. Pasalnya, Capt. A terpapar corona pada saat tidak bertugas.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kodim 0820 Probolinggo mengumumkan anggotanya yang terkonfirmasi positif covid-19. Yaitu Danramil Kotaanyar Capt. A dan istrinya berinisial HA. Sedangkan istrinya HA tutup usia Minggu (23/8/2020). "Innalilahi Wainnaa Ilaihi Raajiuun, telah meninggal dunia Nyonya HA," terang Dandim 0820, Letkol Imam Wibowo.

HA merupakan istri dari Danramil Kotaanyar, yang merupakan jajaran Kodim 0820 Probolinggo. Danramil Kotaanyar beserta istrinya terpapar covid-19 pada Minggu (16/8/2020). Sedangkan kondisi Danramil Kotaanyar sudah membaik dalam keadaan dirawat di RSUD Tongas. Istri Danramil Kotaanyar, HA sebelum tutup usia memang memiliki komorbid berupa sesak dan diabetes. "Kemarin sudah dilakukan pemakaman di kampung halaman istri Danramil Kotaanyar, yaitu di Pasuruan. Dilaksanakan tanpa ada penolakan, berjalan dengan tertib dan lancar," jelasnya.

Baca Juga : KPU Anggarkan Rp 4 Miliar untuk Rapid Test 33 Ribu Anggota KPPS dan Linmas

Usai Danramil Kotaanyar menjalani swab pertama dengan hasil positif, Kodim 0820 langsung melaporkan kepada Komandan Korem 083 dan Pangdam V Brawijaya. Selanjutnya pihaknya melaksanakan tracing secara internal. Hingga juga dilakukan tracing yang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. "Pertama kami merapid test seluruh anggota Koramil Kotaanyar, dengan hasil nonreaktif," tegasnya.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Haul KH. Abdul Hamid Pasuruan Digelar Terbatas

JELASKAN: Dandim 0820, Letkol Imam Wibowo memberi penjelasan ke awak media perihal Danramil Kotaanyar yang terpapar Covid-19.

Bahkan tracing juga dilakukan terhadap sejumlah anggota Kodim 0820 Probolinggo dan anggota keluarganya yang saat ini tinggal di Mess Kodim 0820 Probolinggo. Hasilnya semuanya nonreaktif. "Namun ada dua kontak erat. Karena pada saat di RS Wonolangan, mereka menjaga Danramil dan almarhumah. Mereka yaitu anaknya yang bungsu bersama menantunya, saat ini mereka menjalani isolasi mandiri di Hotel Bromo Indah, dan kondisinya sehat. Saat ini Danramil Capt. A kondisinya juga sehat," ungkapnya.

Adapun aktivitas di Koramil Kotaanyar tetap dibuka. Pasalnya Danramil Capt. A sebelum terpapar covid-19, tidak pernah bergabung ke koramil. Karena hari libur panjang dari Kamis (13/8/3/2020) hingga Minggu (16/8/2020). Sedangkan Capt. A terpapar Covid pada Minggu (16/8/2020). "Kemungkinan klaster pelanginya itu muncul diantara hari Kamis, Juma'at dan Sabtu. Selanjutnya usai terpapar Covid, Danramil juga tidak bergabung sejak Senin hingga saat ini, karena dirawat. Cuman kami tetap rapid test," terangnya.

Menurutnya enam orang keluarganya menjalani isolasi mandiri di Mess Kodim 0820 Probolinggo. Ada anak kedua, anak ketiga, dan lainnya. "Setelah terpapar covid-19, langsung mereka kita isolasi mandiri dengan penjagaan ketat. Sehingga yang memakamkan almarhumah istri Danramil adalah keluarganya di Pasuruan," pungkasnya. (hla/hvn)