Tadatodays


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-29 11:42:43

Dapat Dua Penalti, Kanigaran 2 Tundukkan Mayangan 3

NGOTOT: Aksi Andi, salah satu motor serangan kesebelasan Kanigaran 2 yang bermain tak kenal lelah malawan kesebelasan Mayangan 3, Kamis (28/7/2022). (foto: rmngyudi)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Turnamen sepak bola antarkecamatan Walikota Cup 2022 yang diadakan oleh Askot PSSI dan Dispopar Kota Probolinggo masih berlanjut dengan putaran final. Pada laga Kamis (28/7/2022) sore, kesebelasan Kanigaran 2 berhasil menundukkan Mayangan 3. Dua gol kemenangan Kanigaran 2 seluruhnya dicetak melalui eksekusi penalti.

Wasit Sugeng meniup peluit dimulainya babak pertama tepat pada pukul 15.41. Kanigaran 2 bermain ofensif. Namun, Mayangan 3 tidak mau kalah. Selain defensif, Mayangan 3 beberapa kali melakukan serangan balik yang cukup membahayakan. 

Baca Juga : Hasil Draw Mengantar Kanigaran 2 Juarai Walikota Cup 2022

Pada menit 8, pemain Kanigaran 3 diganjar kartu kuning karena melakukan tackling tanpa bola kepada pemain lawan. Kemudian ada beberapa pelanggaran ringan turut dilakukan oleh kedua kesebelasan. Alhasil, tim medis harus bolak-balik mengobati cedera ringan pemain.

Baca Juga : Semifinal Berubah Sistem, Derby Mayangan Draw, Kanigaran 2 Menang WO

Pukul 16.21 pertandingan babak awal selesai. Dalam babak satu ini tidak ada gol yang dicetak.

Memasuki babak kedua, permain kedua tim lebih berimbang. Di pertengahan pertandingan babak kedua, pemain Mayangan 3 melakukan pelanggaran di kotak penalti. Kali ini, Kanigaran 2 mempercayakan Jefri, pemain bernomor punggung 9 menjadi eksekutor penalti. 

Tendangannya menipu. Arip si penjaga gawang Mayangan 3 bergerak ke kiri, tetapi bola bersarang di sisi kanannya. Jefri sukses mencetak gol pertama untuk Kanigaran 2. Skor berubah menjadi 1-0.

Mayangan 3 tidak menyerah dengan keunggulan sementara musuhnya. Tapi pertahanan Mayangan 3 lebih banyak digempur Kanigaran 2. Kiper Mayangan 3 Arip beberapa kali menepis dan menangkap bola yang ditembakkan ke gawangnya.

Memasuki injury time, pemain Mayangan 3 kembali melakukan pelanggaran di kotak penalti. Kanigaran 2 kembali mendapatkan hadiah tendangan penalti. Indra dengan nomor punggung 20 kali ini menjadi eksekutornya.

Untuk kedua kalinya, kiper Mayangan 3 Arip kembali tertipu dalam tendangan penalti. Kanigaran 2 unggul dengan skor 2-0. Tak lama kemudian wasit meniup peluit panjang. Pertandingan berakhir dengan keunggulan 2 gol untuk Kanigaran 2.

Atas hasil pertandingan ini, pelatih Kanigaran 2 Muhyi mengaku sangat puas sekaligus tegang. “Sangat memuaskan. Menegangkan tapi memuaskan,” ujarnya.

Sedangkan pelatih Mayangan 3 Edi Yudiyono berpendapat bahwa Walikota Cup 2022 butuh perbaikan untuk wasit dan mentalitas pemain. “Walikota Cup sekarang ini butuh perbaikan dari wasit dan mentalitas pemain juga harus sportif,” jelasnya.

Sementara, ditemui usai pertandingan, Ketua Askot PSSI Kota Probolinggo Eko Purwanto menjelaskan bahwa sistem kompetisi untuk putaran final digunakan setelah berakhirnya babak penyisihan. “Untuk awal, memang kita menggunakan sistem semifinal dan final. Namun dari kesepakatan empat tim, memakai sistem kompetisi lagi,” Jelasnya.

Jadi menurutnya, juara turnamen ini ditentukan berdasar poin tertinggi empat tim dari dua grup yang telah lolos babak penyisihan. Empat tim itu adalah Mayangan 2 dan Mayangan 3, Kanigaran 2 dan Kanigaran 3.

Dalam pertandingan sebelumnya, Mayangan 2 dan Mayangan 3 bermain draw 2 - 2. Lalu Kanigaran 2 menang WO atas Kanigaran 3 dan dinyatakan menang dengan skor 3 - 0. Jadi, keunggulan atas Mayangan 3 membuat Kanigaran 2 memimpin sementara dengan dua kali kemenangan. (iaf/why)

Penulis: Iqbal al Fardi