Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-21 16:05:54

Data Penerima Vaksin Tahap Dua Belum Rampung, Termasuk Lansia

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo masih melakukan pendataan penerima vaksin Covid-19 tahap dua, termasuk tenaga kesehatan yang belum divaksin pada tahap pertama lalu. Selain itu, warga lanjut usia (lansia) juga direncakan masuk vaksinasi tahap dua.

Vaksinasi tahap dua itu juga dilakukan terhadap pejabat publik lainnya, di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga : Penjemput Paksa Jenazah Probable Covid-19 Bakal Dijerat dengan UU Karantina

Dewi Vironica, juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat mengatakan, tak hanya lansia dari nakes saja, melainkan semua lansia yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo juga akan dilakukan vaksinasi tahap kedua.

Baca Juga : Satgas akan Swab Masal Jika Jenazah yang Dijemput Paksa Positif Covid-19

Hanya saja, data lansia nakes, pejabat publik dan lansia di seluruh Kabupaten Probolinggo masih belum rampung. "Kemarin tidak terdata di sistem, sehingga mereka tidak diberikan kesempatan untuk ikut screening," katanya, Minggu (21/2/2021).

Diketahui, diikutsertakannya lansia untuk prioritas vaksinasi tahap dua ini sesuai dengan Keputusan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI yang tertuan dalam Surat Edaran (SE) nomor HK.02.02/I/368/2021) tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid, dan Penyintas Covid-19, serta Sasaran Tunda. 

Jadi tak hanya lansia, apabila ada nakes yang sebelumnya tidak disuntik karena komorbid (penyakit bawaan) seperti halnya penyakit jantung atau penyakit kencing manis, juga dapat disuntik vaksin sinovac pada tahap dua. Namun dengan catatan, penyakit yang dideritanya itu terkontrol. "Kalau HBA1C itu kurang dari 75, berarti orang itu terkontrol," jelas perempuan yang menjabat Kasi P2PM pada Dinkes Kabupaten Probolinggo ini.

Perlu diketahui, vaksin untuk tahap dua diperkirakan dikirim ke Kabupaten Probolinggo pada pekan terakhir bulan Februari 2021. (zr/don)