Untung Apriliyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-29 21:25:14

Deklarasi Damai, KPU Ingatkan Paslon Tak Lakukan Kampanye Negatif

KOMITMEN: Penandatanganan kesepakatan melaksanakan Pilkada damai dan sehat dilakukan paslon, KPU, Bawaslu, dan Forkopimda saat deklarasi, Selasa (29/9/2020).

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - KPU Banyuwangi menginbatkan pasangan calon (paslon), parpol, tim kampanye, hingga massa pendukung, tidak melakukan kampanye negatif dalam Pilkada. Alasannya, kampaye negatif bertolak belakang dengan demokrasi.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini, saat Pilkada 2020 Damai dan Sehat di vila Solong, Sokuwidi, Banyuwangi, Selasa (29/9/2020). Menurut Dwi -sapaan akrabnya -, siapapun yang terlibat dalam Pilkada harus fair.

Baca Juga : Bawaslu Banyuwangi, Kembali Lakukan Rapid Test Massal

“Kami berharap dalam Pilkada ini tidak ada kampanye negative. Menyinggung soal isu SARA dan  politik uang. Silakan para paslon mengkampanyekan kelebihannya masing-masing, tanpa harus menjatuhkan lawan politiknya,” pesannya.

Baca Juga : Bawaslu Banyuwangi Kembali Lakukan Rapid Test Massal

Sementara itu, Yusuf Widyatmoko mengatakan, pihaknya siap menaati kesepakatan mewujudkan Pilkada damai dan sehat. “Kami ucapkan terimakasih pada KPU Banyuwangi yang telah menyelenggarakan deklarasi ini. Kami nomor urut 1 akan selalu komitmen pada peraturam,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Ipuk Fiestiandani. “Kami dari paslon nomor urut 2 akan mematuhi apa yang sudah ditetapkan. Semoga Pilkada Banyuwangi ini berjalan damai dan sehat, agar pendidikan politik pada masyarakat menghasilkan pemimpin yang baik,” harap isti Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ini.

Usai pembacaan teks deklarasi yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini, dilakukan penandatanganan bersama antara paslon, KPU, Bawaslu, Forkompinda, dan tim kampanye. (ua/sp)