Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-05 20:07:08

Demi Berkah Ramadan, Pelantikan Kades Terpilih Dimajukan 13 April

PELANTIKAN: Pemkab Probolinggo telah memutuskan memajukan jadwal pelantikan 249 kades terpilih pada Rabu, 13 April 2022. Dengan kegiatan pelantikan di bulan Ramadan, diharapkan kades terpilih bisa menjalankan amanah dengan baik.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemkab Probolinggo memutuskan untuk memajukan jadwal pelantikan 249 kepala desa (kades) terpilih, hasil Pilkades Serentak pada 17 Februari 2022. Pelantikan kades terpilih akan digelar pada Rabu, 13 April 2022. Jadwal itu dimajukan dari rencana semula pada Mei 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Hukum pada Setda Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo, saat mengikuti rapat pembahasan SOTK di ruang Banggar Banmus Kantor DPRD Kabupaten Probolinggo, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga : Timbul Ajak 249 Kades yang Dilantik untuk Mengentas Kemiskinan

Priyo mengatakan, dimajukannya pelantikan tersebut karena untuk mengambil momentum bulan suci Ramadan. Diharapkan, pada saat pelantikan nantinya para kepala desa terpilih mendapatkan barokah bulan suci. Sehingga ketika sudah resmi menjadi kepala desa, dapat menjalankan amanahnya dengan baik. "Bulan puasa ini penuh berkah," ujarnya.

Baca Juga : 249 Kepala Desa se-Kabupaten Probolinggo Dilantik

Pria yang juga sebagai Juru Bicara Panitia Pilkades Kabupaten itu menjelaskan, pihaknya hanya berwenang mengenai proses pelantikan, pemberhentian Pj. Kepala Desa dan juga pengangkatan kepala desa terpilih. Sedangkan mengenai teknis pelantikannya menjadi wewenang dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Sedangkan untuk dua desa yang saat ini masih terjadi gejolak penolakan hasil perolehan sura, meliputi Desa Tegalwatu, Kecamatan Tiris dan Desa Pajurangan, Kecamatan Gending, tetap tidak ada perubahan apapun dan akan dilantik kades terpilih yang meraih suara terbanyak. "Kalau tidak puas dapat mengajukan ke PTUN," ucapnya. (zr/don)