Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-28 18:57:49

Deteksi Dini PTM, Juga Bagikan Jamu Herbal dan Buah Gratis

VAKSINASI: Gebyar Germas yang diselenggarakan Puskesmas Tegalsiwalan berlangsung semarak. Tak hanya screening Penyakit Tidak Menular, juga dilakukan vaksinasi pada warga.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Probolinggo terus digencarkan. Puskesmas Tegalsiwalan mengajak serta seluruh lapisan masyarakat agar bisa turut menyukseskan program tersebut. Caranhya dengan memuai penerapan hidup sehat di lingkungan masing-masing.

Untuk menandai pelaksanaan program tersebut, Puskesmas Tegalsiwalan menyelenggaralan kegiatan Gebyar Germas pada 14 Oktober 2021. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Tegalsiwalan itu, tak kurang dihadiri 400 orang. Berbagai program dilaksanakan dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga : Vaksinasi Anak di Kabupaten Probolinggo Dimulai, Target Rampung Awal Maret

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Probolinggo Merealisasikan Vaksin 4 Ribu Anak

DETEKSI DINI: Puskesmas Tegalsiwalan menggelar Gebyar Germas yang salah satu kegiatannya adalah screening Penyakit Tidak Menular. Diharapkan masyarakat lebih peduli dengan kondisi kesehatannya.

Mulai dari senam bersama, screening Penyakit Tidak Menular (PTM), hingga vaksinasi. “Kegiatan ini penting sebagai deteksi dini. Misalnya dalam screening PTM, ada cek gula darah, asam urat, dan lain sebagainya. Juga kami padukan dengan donor darah sampai vaksinasi,” terang Kepala Puskesmas Tegalsiwalan Arif Eko Trilianto.

Pria yang akrab disapa Arif ini mengatakan, dalam Gebyar Germas tersebut juga dimeriahkan dengan pemberian jamu herbal secara gratis. Jamu herbal tersebut diproduksi oleh puskesmas setempat sebagai penyehat tradisional. Termasuk kegiatan pemberian paket buah dan susu kepada masyarakat.

PEDULI: Warga yang mengikuti Gebyar Germas juga mendapatkan paket sehat yang terdiri jamu herbal yang diproduksi oleh Puskesmas Tegalsiwalan, dan juga buah serta susu.

“Selain ada kegiatan fisik, juga ada kegiatan nonfisik,” ujarnya. Antusias masyarakat luar biasa. Ratusan orang yang hadir turut memeriahkan gelaran tersebut. Mulai dari perangkat desa hingga masyarakat umum. Bahkan, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Mujoko, juga turut hadir. (*/hla/sp)