Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-10 15:31:45

Dewan Akan Kawal Pembangunan Jembatan yang Ambruk

KUNJUNGAN: Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo bersama rombongan dewan saat mengunjungi SMPN 1 Pajarakan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - DPRD Kabupaten Probolinggo menyikapi insiden ambruknya jembatan gantung Kregenan, Kecamatan Kraksaan, Jumat (9/9/2022). Pada Sabtu (10/9/2022) Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo bersama sejumlah anggota dewan, melakukan kunjungan ke lokasi jembatan, SMPN 1 Pajarakan, dan RSUD Waluyo Jati. Dalam kesempatan itu Ketua DPRD  menyatakan akan mengawal pembangunan jembatan pengganti agar segera dilaksanakan.

Ketua DPRD Andi Suryanto mengatakan jembatan penghubung antar Desa Kregenan, Kecamatan Kraksaan dengan Desa Pajarakan Kulon, Kecamatan Pajarakan itu sangat diperlukan oleh masyarakat. Terutama sebagai akses terdekat untuk siswa ke sekolah dan warga yang bekerja. "Tadi sudah ada beberapa tim teknis mengecek lokasi jembatan," paparnya.

Baca Juga : Kemenag dan Guru Usulkan Pembuatan Perda Madrasah Diniyah

Andi menjelaskan, pihaknya turut prihatin atas insiden tersebut. Sehingga pihaknya mewanti-wanti dan memberikan masukan terhadap pihak sekolah, agar lebih waspada apabila melaksanakan kegiatan di luar dari sekolah. Sehingga peristiwa serupa tidak terulang lagi.

Baca Juga : Paripurna DPRD Kabupaten Probolinggo Hasil dari Evaluasi Gubernur atas P-APBD 2022

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jawa Timur, telah bersedia membangun jembatan dengan menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) milik Pemprov. Kepada Pemkab Probolinggo, Ketua DPRD juga minta ada perhatian kepada para korban. "Kami minta pemkab juga melakukan trauma healing," ucapnya.

Selanjutnya, Andi menyatakan kalau pihaknya juga akan meminta pada Dinas PUPR ataupun pemerintah desa setempat agar nanti pasca dibangun, dipasang prasasti informasi mengenai kapasitas jembatan gantung.

Seperti diberitakan sebelumnya, 36 siswa dan beberapa guru SMPN 1 Pajarakan menjadi korban ambruknya jembatan gantung Kregenan. Jembatan itu ambruk saat dilintasi jalan sehat pelajar dan guru SMPN 1 Pajarakan dalam rangka memeringati Hari Olahraga Nasional, Jumat (9/9/2022) sekitar pukul 07.30 WIB. Atas kejadian itu, beberapa korban masih menjalani perawatan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. (zr/why)