Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-04 18:37:07

Di Pasuruan, Mentan Syahrul Yasin Limpo Apresiasi Keberhasilan Ekspor Produk Pertanian ke 8 Negara

EKSPOR: Syahrul Yasin Limpo (ketiga dari kiri) saat ikut menyaksikan prosesi ekspor produk pertanian ke 8 negara.

PASURUAN, TADATODAYS.COM - PT. Cheil Jedang Indonesia lakukan ekspor produk Tryptophan Granule senilai USD 1,5 juta atau setara dengan Rp 23 miliar ke 8 negara. Peluncuran ekspor perdana ini dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini, mengatakan di masa pandemi virus corona saat ini, Presiden RI Joko Widodo senang sekali dengan pelaksanaan ekspor asam amino untuk kemajuan Indonesia ini. Apalagi yang diekspor adalah bahan penting dalam pertanian, peternakan dan kebutuhan pangan bagi masyarakat internasional.

"Bapak Presiden selalu mengingatkan kepada menterinya, jaga investasi yang masuk Indonesia," ungkapnya setelah melakukan penandatanganan prasasti ekspor perdana sekira pukul 13.00 WIB.

Selain itu, Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar No. 5 di dunia. Adanya industri besar yang berinvestasi di Indonesia, dapat mengentaskan kemiskinan melalui potensi tenaga kerja. Sebagaimana Cheil Jedang yang menyediakan lapangan kerja bagi warga lokal.

Sementara kebutuhan asam amino dalam negeri rata-rata per tahun sebanyak 53.226 ton. Dengan kapasitas produksi dalam negeri sebesar 381.500 ton. Ada potensi ekspor asam amino sebesar 328.274 ton.

Hingga bulan September 2020, sudah terealisasi ekspor sebanyak 119.496 ton.

"Tahun 2021 kita merencanakan untuk melakukan kerjasama dengan industri besar dalam bidang peternakan," paparnya di perusahaan yang beralamat Jl. Raya Arjosari Dusun/Desa Sarirejo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan itu.

Ia berharap ke PT. CJI Indonesia tidak berhenti dalam memproduksi bahan pakan ternak. Juga selalu mengembangkan produk lain-lainya.

Tak hanya itu, ia memaparkan bisnis yang pasti menjanjikan adalah dari pertanian dan peternakan. Seperti Truptophan Granule yang diekspor ke negara Jerman, Belanda, Inggris, Polandia, Hongaria, Belgia,India dan Vietnam. (ang/hvn)