Alvi Warda


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-13 16:14:53

Diah Permatasari, Atlet Anggar SEA Games 2021 dari Probolinggo

ANGGAR: Diah Permatasari, atlet anggar Indonesia cabor anggar yang berasal dari Kota Probolinggo. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Nama lengkapnya Diah Permatasari. Ia lahir dan besar di Kota Probolinggo. Bermain anggar adalah hobi Diah sejak kecil. Kini, hobinya itu berhasil membawanya di ajang kejuaraan bergengsi di seluruh Asia Tenggara, SEA Games 2021. Jumat (13/05/2022) ini adalah jadwalnya bertanding.

Ceritanya, sejak 2005 Diah sudah rajin bermain Anggar. Kemampuannya belum terlihat waktu itu. Namun, Diah terus bertekat. "Sejak kecil sudah bermain. Tapi baru di tahun 2005 kemampuan saya diasah," tutur Diah saat berbincang dengan tadatodays.com melalui sambungan telepon, Senin (25/04/2022).

Kegigihannya ia buktikan dengan masuk di ekstrakurikuler sewaktu SMP dan SMA. Bahkan, walau rumahnya di Kanigaran Kota Probolinggo, Diah  memilih SMA Dringu dan mengkhususkan diri masuk jurusan keolahragaan. Bagi Diah, hobinya ini sangat susah ia abaikan. Anggar ia gambarkan seperti sahabat setianya.

Prestasinya sudah tak diragukan lagi. Kejuaran lokal, nasional dan intenasional sudah pernah Diah cicipi. Ia memiliki target, memberikan yang terbaik untuk kota kelahirannya.

Selepas SMA, Diah bekerja di Dinas Kepemudaan dan Olahraga(Dispopar) Jawa Timur. Namun, sejak menikah ia dimutasi di Dispopar Kota Probolinggo. Tak disangka, peluangnya bekerja di bidang olahraga, Diah bisa menyalurkan hobinya. "Sekarang sudah bisa kerja sambil menyalurkan hobi,"  ujarnya.

Awal mula ia mengikuti lomba, di tahun 2011. Waktu itu, ia bertanding di Pekan Olahraga Nasional. Tentu saja, berlatih setiap hari menjadi bekalnya sampai masuk di berbagai ajang kompetensi. Sekaligus, menjadi kendalanya. Karena pembagian waktu yang harus proporsional.

Maka, ia pun berharap supaya di Kota Probolinggo ada banyak bibit baru. Terutama di bidang olahraga. Sehingga, kejuaraan yang bergengsi bisa diwakilkan oleh atlet-atlet Probolinggo. "Semoga ada bibit-bibit baru, sehingga bisa mewakili Kota Probolinggo sampai kejuaraan international," kata Diah sebelum menutup telepon. (alv/why)