Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-23 16:10:12

Dibangun Tahun 2019 Menggunakan Dana Desa, Jembatan Ini Ambrol

AKSES: Jembatan yang menjadi akses utama warga dua dusun di Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolingo, ambrol diterjang banjir. Padahal, jembatan tersebut baru dibangun pada tahun 2019 lalu menggunakan anggaran Dana Desa.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Jembatan penghubung antara Dusun Pandansari dan Dusun Krajan, Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, putus akibat diterjang banjir. Rencananya, jembatan itu akan diperbaiki menggunakan Dana Desa (DD).

Informasi yang dihimpun tadatodays.com, jembatan tersebut memiliki panjang 30 meter dan lebar 5 meter dengan 3 ambutmen yang terbentang dari arah selatan ke utara atau sebaliknya. Jembatan itu dibangun sejak 2019 lalu menggunakan anggaran DD.

Baca Juga : Diterjang Arus Sungai, Jembatan Putus, Plengsengan Ambrol

Pai, 60, warga Desa Tigasan Wetan mengatakan, rusaknya jembatan tersebut disebabkan derasnya air dari kawasan hulu. Ia juga menyebutkan, bahwa jembatan itu baru dibangun. "Sekitar 1 tahunan," katanya.

Sapi'i menyampaikan, jembatan tersebut merupakan akses bagi warga sekitar. Baik untuk mencari rumput, hingga akses bagi anak sekolah. Setelah jembatan tersebut ambrol, warga pun melewati jalan lain yang lebih jauh. "Muter ke Jalan Nasional, perkiraan 1 kilometer," katanya. Ia juga berharap agar jembatan dapat segera diperbaiki.

Senada dengan Pai, Bagian Umum Desa Tigasan Wetan, Edi Siswanto menuturkan, jembatan tersebut rusak akibat tak kuatnya bangunan menahan derasnya air. Untuk itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan masyarakat di dua dusun untuk memperbaikinya.

Edi mengatakan, pemerintah desa akan rembuk terlebih dahulu dengan warga setempat. “Perbaikan ini menggunakan Dana Desa,” tutur Edi, ditemui di kantor Desa Tigasan Wetan. Namun, ia tidak menyebutkan berapa besaran anggaran perbaikan. (ang/don)