Tadatodays


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-26 09:58:02

Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo Gelar Kegiatan Fasilitasi Pengabdian Masyarakat Melalui Saka Bakti Husada

OPENING: Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Yoesminingsih, mewakili Kepala Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo drg. Nurul Hasanah membuka kegiatan Fasilitasi Pengabdian Masyarakat Melalui Saka Bakti Husada. Melalui kegiatan tersebut, Yoesminingsih berharap agar anggota Saka Bakti Husada menjadi kader kesehatan di lingkungannya.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo menggelar kegiatan “Fasilitasi Pengabdian Masyarakat Melalui Saka Bakti Husada”, di Gedung Kesenian Jalan Raya Suroyo Kota Probolinggo. Kegiatan ini melibatan Sakti Bakti Husada Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Probolinggo, dengan tema “Pramuka Agen Informasi Kesehatan Generasi Milenial”.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Tadatodays.com dan digelar selama dua hari, Jumat – Sabtu, (26-27/11/2021).

Baca Juga : Dinkes PPKB Menggelar Workshop Persiapan Akreditasi Klinik

Baca Juga : Dinkes PPKB Gelar Workshop Persiapan Akreditasi Klinik

HYMNE PRAMUKA: Seluruh undangan dan peserta bersama-sama menyanyikan Hymne Pramuka, untuk menguatkan jiwa Kepramukaan selama kegiatan.

Ketua panitia kegiatan, drg. Luluk Muyassaroh dalam laporan kegiatannya menyampaikan, Satuan Karya Pramuka Bakti Husada menjadi wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang Kesehatan. “Dapat diterapkan pada diri, keluarga, lingkungan dan mengembangkan lapangan pekerjaan di bidan kewirausahaan,” kata drg. Luluk.

Drg. Luluk menyampaikan, Saka Bakti Husada memiliki enam Krida. Yaitu, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Pengendalian Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat serta Krida Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo yang diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan PPKB Yoesminingsih, menyampaikan bahwa menanamkan periaku sehat dalam diri seseorang membutuhkan proses Panjang, komitmen yang kuat dan dukungan dari provider Kesehatan. “Termasuk jajaran Pramuka dalam hal ini saka Bakti Husada,” ujarnya.

PRE TES: Di awal kegiatan, para peserta juga diuji melalui pre tes untuk mengetahui pengetahuannya terkait pola hidup sehat, dan pemahamannya tentang Saka Bakti Husada.

Yoesminingsih berharap agar Pramuka menjadi kader kesehatan. “Terutama saat musim hujan seperti saat ini, karena banyak kasus demam berdarah,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini Kota Probolinggo sudah berada di level 2 PPKM. Yoesminingsih berharap agar Kota Probolinggo berada di level 1. “Karena itu, Pramuka terutama Saka Bakti Husada diharapkan berperan aktif mendukung pelaksanaan vaksinasi covid-19,” tuturnya.

LAPORAN PANITIA: Ketua panitia kegiatan drg. Luluk Muyassaroh dalam laporan kegiatannya menyampaikan, Satuan Karya Pramuka Bakti Husada menjadi wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang Kesehatan.

Tak hanya menyampaikan terkait vaksinasi covid-19, Yoesminingsih juga menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan RI masih terus menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya masalah Kesehatan. “Stunting, TBC, penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, dan aktif menerapkan protokol Kesehatan,” katanya.

Usai menyampaikan sambutan, Yoesminingsih secara resmi membuka kegiatan “Fasilitasi Pengabdian Masyarakat Melalui Saka Bakti Husada”.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan materi-materi oleh beberapa narasumber. (redaksi)