Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-07 12:44:12

Dinkes Banyuwangi Bakal Tambah Vaksinator di Puskesmas

KESIAPAN: Puskesmas Kalibarukulon menjadi salah satu puskesmas yang disiapkan untuk program vaksinasi Covid-19.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Dinas Kesehatan Banyuwangi akan memaksimalkan pelaksanaan vakninasi Covid-19. Salah satunya dengan menambah jumlah vaksinator di tingkat puskesmas se Kabupaten Banyuwangi, dari dua orang menjadi lima orang per puskesmas. Untuk sementara ini, jumlah vaksinator di tingkat puskesmas sebanyak 90 orang dan sudah dilatih.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono menyampaikan, penambahan petugas vaksin atau vaksinator di masing-masing puskesmas itu untuk membantu proses kelancaran vaksinasi. Langkah itu dilakukan meski vaksin Covid-19 belum tiba di Banyuwangi. "Tapi infonya kira-kira nanti 22 januari mulai penyuntikan," terang dr Rio, sapaan akrabnya saat dikonfirmasi pada Rabu (6/1/2021).

Baca Juga : Masifkan Sosialisasi Vaksin Melalui Video di Puskesmas

Rio menjelaskan, dengan adanya rencana penambahan vaksinator, maka pelatihan penyuntikan vaksin ini akan diadakan lagi dengan melibatkan 10 vaksinator dari rumah sakit. Termasuk melibatkan 10 klinik dan petugas KKP. “Ini juga sebagai vaksinator," terang Rio.

Baca Juga : Tidak Semua Nakes Disuntik Vaksin Tahap Pertama

Rio menambahkan, dalam proses vaksinasi awal tidak semua warga mendapatkan vaksin. Prioritas pertama akan diberikan kepada tenaga kesehatan (Nakes). "Kami dimintai verifikasi data tenaga kesehatan, sedang berproses menuju 100 persen," tambahnya.

Nah, jika vaksin Covid-19 akan dikirim dari Surabaya ke Banyuwangi, maka Dinkes Banyuwangi sudah mempersiapkan tempat penyimpanan vaksin agar aman. "Setelah itu didistribusikan ke seluruh puskesmas dan rumah sakit," jelas Rio. (peb/don)