Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-06 13:41:22

Dinkes Kabupaten Probolinggo Siapkan Vaksin untuk 102.777 Anak

Ilustrasi

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kabupaten Probolinggo sudah masuk Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1. Dengan begitu, Kabupaten Probolinggo sudah dapat melakukan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun. Saat ini yang akan menjadi sasaran vaksin sebanyak 102.777 anak.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, dr. Shodiq Tjahjono menyampaikan pihaknya bakal bekerja keras dalam melakukan vaksinasi anak ini. Karena target vaksin anak diharapkan selesai bulan Februari 2022. "Dengan target 80 persen," ujarnya, Kamis (6/1/2022).

Baca Juga : Vaksinasi Desa Sumberpakem Sudah Capai 70 Persen

Shodiq mengatakan, vaksinasi anak akan dimulai serentak pada pekan depan, bisa pada Selasa (11/1) atau Rabu (12/1).

Baca Juga : Kasus Covid-19 Melandai, Pemkab Jember Tetap Kebut Vaksinasi

Ia menyampaikan, sebenarnya vaksinasi anak sudah sempat dilakukan di beberapa puskesmas di Kabupaten Probolinggo. Langkah itu setelah Dinkes mendistribusikan vaksin sinovac sebanyak 38 ribu dosis ke seluruh puskesmas.

Saat ini Dinkes masih menunggu pengiriman vaksin dari pusat. Khususnya vaksin sinovac yang akan kembali didistribusikan ke puskemas. "Nanti akan fokus disuntikan pada anak," katanya.

Ia menambahkan jika teknis vaksinasi pada anak nantinya bakal diserahkan langsung kepada tim yang ada di lapangan yang mengetahui kondisi wilayah. Seperti halnya, apakah vaksinasi akan dilakukan di setiap lembaga sekolah atau akan terpusat di satu lembaga. "Saya yakin mereka lebih tahu," ujarnya.

Shodiq berharap masyarakat bisa mendukung kelancaran vaksinasi anak ini. Mengingat anak juga rentan terpapar covid-19. Dengan disuntik vaksin, maka dapat memberikan kekebalan tubuh pada anak dan terhindar dari covid-19. “Paling tidak, jika terjangkit tidak terlalu parah,” tutur Sdodiq. (zr/don)