Tadatodays


Wartawan Tadatodays.com | 2021-11-27 14:18:41

Dinkes PPKB Kota Probolinggo dan Pramuka Saka Bakti Husada Bagikan Seribu Masker

TAAT PROKES: Dua orang lansia yang mendapatkan masker dari Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo melalui anggota Saka Bakti Husada Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Probolinggo, mengaku senang mendapat masker gratis. Menurut keduanya, penggunaan masker mampu mencegah covid-19.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kegiatan Fasilitasi Pengabdian Masyarakat Melalui Saka Bakti Husada gelaran Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo, dilanjutkan di hari kedua, Sabtu, (27/21). Sekira pukul 7 pagi, peserta mendapat tugas membagikan masker kepada masyarakat.

Pembagian masker ini dilakukan oleh peserta sesuai dengan kelompok sekolahnya, di empat titik. Dua titik di ruas Jalan Suroyo, yakni di depan Museum Rasulullah oleh peserta dari SMAN 2 dan MAN 2, dan depan kantor Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo oleh SMAN 1, SMKN 1, dan MAN 1.

Baca Juga : Masuk Level 1, Tapi Pemkot Probolinggo Belum Lakukan Vaksinasi Anak

Lalu, satu titik di kawasan Alun-alun oleh peserta dari SMAN 4 dan SMKN 2. Satu lokasi lainnya di depan Markas Kodim 0820 Jalan Panglima Sudirman oleh SMK Kesehatan dan SMAN 3.

Baca Juga : Dinkes PPKB Gelar Sosialisasi Keamanan Pangan dan Obat

GRATIS: Masker gratis juga dibagikan kepada pengendara yang melintas di dua titik ruas Jalan Suroyo Kota Probolinggo. Yakni, di depan kantor Dinas Kesehatan PPKB dan depan Museum Rasulullah. Selain itu, bagi-bagi masker juga dilakukan di kawasan Alun-alun dan depan Markas Kodim 0820.

Setiap kelompok mendapat jatah 250 masker dari Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo. Total ada seribu masker yang disebar dalam kurun waktu sekitar 15 menit saja. Pembagian tersebut tidak menimbulkan kerumunan.

Tak hanya pengendara yang melintas di empat titik tersebut. Masker bermotif merah putih dari Kementerian Kesehatan RI, itu juga dibagikan secara gratis kepada warga yang sedang berolahraga. Driver ojek online pun juga dapat masker berlapis tiga tersebut. Warga pun senang setelah mendapat masker yang dibagikan oleh anggota Pramuka dari satuan Saka Bakti Husada itu.

Nah, khusus peserta yang bertugas di kantor Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo, mereka juga turut membantu tenaga kesehatan yang tengah melakukan vaksinasi kepada masyarakat umum dan pelajar. Peserta bertugas di bagian administrasi pendaftaran.

VAKSINASI PELAJAR: Selain membagi-bagikan masker gratis, juga digelar vaksinasi kepada pelajar masyarakat umum. Vaksinasi itu bertempat di halaman kantor Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo.

Misnadi, seorang warga yang mendapat masker gratis di kawasan Alun-alun, mengaku senang mendapat masker yang dibagikan oleh anggota Pramuka. “Semoga covid-19 segera berakhir. Saya mengapresiasi,” ujar pria lansia bertopi biru ini.

Sementara, Intan Mujayanti dari SMKN 2 Probolinggo, mengaku bersyukur dengan kegiatan bagi masker. Dengan begitu, masyarakat yang masih belum pakai masker pada akhirnya pakai masker. “Ini pengalaman saya membagikan masker kepada masyarakat,” tutur siswi kelas XI ini.

Setelah kegiatan bagi-bagi masker, kegiatan Fasilitasi Pengabdian Masyarakat Melalui Saka Bakti Husada gelaran Dinas Kesehatan PPKB Kota Probolinggo berlanjut dengan lomba fragmen dan poster. Tema dua lomba tersebut masih tetap, yakni upaya untuk mencegah covid-19. (redaksi)