Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-24 15:27:41

Dipenuhi Tumbuhan Liar, Permukaan Sungai Menghijau, Aliran Terhambat

SUNGAI: Permukaan Kali Kandangjati di Kraksaan berubah jadi hijau, karena ditumbuhi tanaman liar. Tak ayal, kondisi itu menghambat aliran sungai.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Permukaan Kali Kandangjati di wilayah  Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, dipenuhi tanaman liar seperti eceng gondok dan tanaman air lainnya. Akibatnya, tanaman liar itu menutupi permukaan sungai dan memghambat aliran air.

Dari pantauan tadatodays.com, tanaman air liar itu memenuhi permukaan sungai. Jika dilihat dari jalan raya di utara Pabrik Rokok Sampoerna, permukaan sungai yang memanjang ke utara terlihat jelas warna hijau tumbuhan liar.  Warna air sungai pun sama sekali tak terlihat.

Baca Juga : Masih Banyak yang Buang Sampah di Sungai, DLH: Tidak Bertanggungjawab

Kepala Bidang Sumberdaya Air pada Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Probolinggo, Hengki Cahyo Saputra  menuturkan, pemeliharaan sungai tersebut bukanlah kewenangan dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo. "Itu kewenangan provinsi," katanya, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya pada Jumat (18/6/2021).

Ia menjelaskan, air sungai tersebut juga mengaliri sawah di sekitarnya. Luas sawah yang dialiri antara 1000 hingga 3000 hektar. Jadi ketika ada masalah pada sungai tersebut, pihak provinsi yang akan menyelesaikannya.

Sementara jika sebuah sungai mengaliri sawah lebih dari 3000 hektar, maka menjadi kewenangan pemerintah pusat. Sementara untuk pemerintah kabupaten hanya berwenang untuk mengurusi sungai yang mengaliri kurang dari 1000 hektar sawah. "Seperti halnya saluran irigasi," ujarnya.

Meski sungai tersebut merupakan wewenang provinsi, Hengky mengaku tetap akan mengontrol terlebih dahulu, yang kemudian akan ditindaklanjuti dengan berkirim surat ke PUPR Provinsi Jawa Timur, untuk segera dilakukan normalisasi. (zr/don)