Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-08 22:50:30

Disbudpar Banyuwangi Panggil Perdunu

KLARIFIKASI: Disbudpar Banyuwangi saat bertemu dengan pengurus Perdunu, Senin (08/2/2021) di kantor Disbudpar.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Pengurus Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) Banyuwangi, dipanggil Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Senin (8/2/2021) di kantor Disbudpar. Pemanggilan itu untuk mengklarifikasi terkait eksistensi organisasi tersebut.

Kepala Disbudpar Banyuwagi, M Yanuarto Bramuda mengatakan, pemanggilan itu sangat menggembirakan Perdunu yang sebelumnya telah mendekralisasikan diri.

Baca Juga : Perdunu Banyuwangi Batal Gelar Festival Santet

Nantinya, lanjut Bram, pihaknya akan menjaring masukan yang digagas oleh berbagai pihak. Termasuk, ide Perdunu yang ingin mengubah stigma negatif terkait dunia perdukunan. "Inilah cara Banyuwangi untuk menyelesaikan masalah," kata Bram.

Baca Juga : Perdunu Banyuwangi Bakal Gelar Festival Santet

Sementara, Ketua Umum Perdunu, Abdul Fatah mengatakan, kehadiran Perdunu untuk meluruskan stigma negatif masyarakat terhadap praktik perdukunan. Pasalnya, tidak sedikit aktivitas perdukunan yang berpotensi dijadikan tindak penipuan. "Kalau kita lihat di masyarakat, bahwa banyak sekali cerita orang yang terkena tipu dari aktivitas perdukunan," katanya.

Karena itu, lanjutnya, dengan mendirikan organisasi Perdunu diharapankan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, dan memberikan wadah kepada para praktisi dunia perdukunan.

Pria yang karib disapa Gus Fatah itu menambahkan, pihaknya sudah memahami apa yang diinginkan pemerintah daerah. "Kami sangat apresiasi," ujarnya. (peb/don)