Tri Amelia Agustin Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-24 15:50:44

Disdikbud Kota Probolinggo Apresiasi FMIV 2021

DUKUNGAN: Sekretaris Disdikbud Kota Probolinggo Agus Lithanta memberi support atas terselenggaranya FMIV 2021. Ia mendorong SMP di bawah naungan Disdikbud mengikuti kegiatan tersebut.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pagelaran Festival Musik Islami Virtual (FMIV) 2021 kerjasama MAN 2 Kota Probolinggo dengan tadatodays.com, diapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo.

“FMIV 2021 ini even yang mendidik. Selain memberi ruang pada pelajar yang punya hobi menyanyi, apalagi musik Islami,” kata Sekretaris Disdikbud Kota Probolinggo Agus Lithanta pada tadatodays.com, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga : Sukses Muhammad Hudan Nurrohman, Siswa MAN 2 Kota Probolinggo Juara Catur Cepat Tingkat Nasional

Karena itu, Disdikbud mendukung penuh event tersebut. Menurut pria yang akrab disapa Agus itu, ada 3 hal positif yang bisa didapat dari kegiatan tersebut. Pertama, digitalisasi program dengan memanfaatkan media daring dan media sosial.

Baca Juga : Sukses Muhammad Hudan Nurrohman, Siswa MAN 2 Kota Probolinggo Juara Catur Cepat Nasional

“Dengan memaksimalkan media online seperti tadatodays.com dan media sosial yang dimiliki, kegiatan FMIV ini tetap bisa digelar. Jadi tidak perlu tatap muka, sesuai dengan kondisi saat pandemi,” terangnya.

Kedua, pilihan musik Islami juga menarik untuk mendorong anak-anak muda mencintai lagu bertema religi. Ketiga, pelajar tetap bisa menyalurkan kreativitas di masa pandemi. Karena itu, Agus mendorong SMP di bawah naungan Disdikbud bisa mengkutsertakan anak didiknya dalam kegiatan tersebut.

Apalagi, selain memberi kesempatan anak-anak berkarya, event ini juga memberikan kesempatan berprestasi. Termasuk ketika menjadi pemenang, punya kesempatan untuk masuk MAN 2 Kota Probolinggo tanpa tes.

Sementara itu, Ketua Panitia FMIV 2021 Tri Agustin Amelia Subandi mengatakan, festival ini pertama kalinya digelar di Kota Probolinggo. Pesertanya berasal dari daerah se-tapal kuda. Yakni, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso.

Pendaftaran peserta sekaligus penyerahan karya dibuka mulai 7-25 Februari 2021. Sedangkan penayangan di akun YouTube tadatoday TV dan MA Plus Mandapro Exist Official mulai tanggal 7-28 Februari 2021. Seleksi 20 finalis dilaksanakan 1 Maret 2021 dan grand final virtual dilaksanakan 9 Maret 2021.

“Persyaratan peserta di antaranya pelajar SM/MTs asal daerah tapal kuda, mengisi formulir pendaftaran, mengirimkan kartu pelajar, serta mengirimkan rekaman video satu lagu Islami. Boleh pakai iringan maksimal 2 alat musik atau karaoke juga boleh,” jelasnya. Video rekaman yang dikirimkan menggunakan format MP4 kualitas HD horisontal.

Pendaftaran bisa melalui online atau offline. Online bisa melalui nomor WhatsApp 0822 3443 1890 (Tri Agustin Amelia Subandi), 0852 3294 2684 (Tita Oktaviani), atau melalui link http://bit.ly/lombamusikislami.

Pendaftaran melalui offline bisa dilakukan di kantor tadatodays.com di Jl. Raya Bromo (depan Pasar Ketapang), Kota Probolinggo. FIMV 2021 ini memperebutkan hadiah total uang pembinaan Rp 5 juta dan masuk MAN 2 Kota Probolinggo tanpa tes. Selain itu, pemenang juga berhak mendapatkan piala dan piagam penghargaan. (mel/sp)