Andika Apriyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2021-09-18 21:15:46

Ditemani Bupati Ipuk, Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Desa Wisata Tamansari

KUNJUNGAN. Menparekraf Sandiaga Uno saat hendak meresmikan Desa Tamansari di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, sebagai salah satu dari 50 desa wisata di Indonesia.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Desa Tamansari di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, menjadi salah satu dari 50 desa di Indonesia yang diresmikan menjadi destinasi desa wisata. Peresmian itu dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno meresmikan, Sabtu (18/09/2021).

Peresmian Desa Tamansari sebagai desa wisata dilakukan Sandi -sapaan akrabnya- kala berkunjung ke kabupaten yang dijuluki Sunrise of Java tersebut. Tepatnya ke wisata Taman Gandrung Terakota. Sebelumnya, menteri berlatarbelakang politisi dan pengusaha itu juga mengunjungi Sendang Seruni.

Baca Juga : Jurnalis di Banyuwangi Bagikan 500 Buku untuk Warga yang Jalani Isoman

Dalam kunjungannya itu, Sandi didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani beserta beberapa jajaran kepala Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD).  Tak hanya menikmati wisata alam, rombongan menteri serta pejabat Pemkab Banyuwangi juga menikmati jajanan kuliner khas banyuwangi seperti rujak soto dan beberapa kuliner lainnya.

Kepada sejumlah wartawan Sandi mengatakan, munculnya desa wisata di Indonesia berdampak pada perekonomian nasional. Sandi juga mengapresiasi kesuksesan Kabupaten Banyuwangi dalam membangun pariwisata hingga seperti saat ini.

Sandi menjelaskan, Desa Wisata Taman Sari yang masuk 50 besar desa wisata di Indonesia, didorong untuk terus menyelaraskan pelestarian wisata budaya dan lingkungan, dengan kearifan lokal masyarakat setempat. Seperti kegiatan-kegiatan berbasis budaya yang dilaksanakan di destinasi wisata tersebut.

Sedangan Bupati Banyuwangi Ipuk Fisestiandani mengatakan, pihaknya bersyukur telah dikunjungi Menparekraf an rombongan. “Kedatangan Pak Mentri ini menjadi penyemangat kami. Apalagi saat ini kami sedang berbenah diri untuk memulihkan sektor pariwisata di masa PPKM,” ujarnya. (dik/sp)