Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-01-17 20:05:34

Diterjang Anging Kencang dan Hujan Deras, Pepohonan Tumbang

POHON TUMBANG: Petugas BPBD Kabupaten Probolinggo memotong pohon tumbang yang terjadi di Desa Sepuhgembol, Kecamatan Wonomerto, Senin (17/1) sore. Selain di Sepuhgembol, pohon tumbang juga terjadi di tiga desa lain saat Kabupaten Probolinggo diterjang angin kencang dan hujan deras.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Hujan deras dan angin kencang yang melanda Kabupaten Probolinggo, Senin (17/1/2022) sore, membuat sejumlah pohon di beberapa titik tumbang. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, sedikitnya ada empat pohon tumbang.

Kasi Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Probolinggo, Abdullah mengatakan pohon tumbang itu tersebar di empat desa. Meliputi Desa Sepuhgembol, dan Desa Pohsangit Ngisor, Kecamatan Sumberasih.

Baca Juga : Warung di Tiris Rusak Terkena Longsoran

Lalu Desa Karangpranti, Kecamatan Pajarakan; dan Desa Gebangan, Kecamatan Krejengan. Semuanya merupakan pohon besar yang roboh ke badan jalan. Namun beruntung tidak sampai mengganggu arus lalu lintas. "Kalau di Pohsangit Ngisor, barongan bambu tumbang," katanya pada tadatodays.com.

Baca Juga : Dua Bulan, 48 Bencana Hidrometeorologi Terjadi di Kabupaten Probolinggo

Ia menjelaskan, saat proses evakuasi pihaknya dibantu oleh petugas Damkar. Dimana, pihak Damkar membersihkan pohon tumbang yang ada di wilayah timur, seperti Kecamatan Pajarakan dan Kecamatan Krejengan.

Berkat pembagian tugas itu, membuat proses pembersihan berjalan lancar dan tidak ada kendala. Hanya proses di Desa Pohsangit Ngisor yang menunggu konfirmasi dari PT PLN, karena ada kabel listrik yang nyangkut di pohon bambu yang tumbang.

Ketika dipastikan sudah tidak ada aliran listrik pada kabel tersebut, maka petugas BPBD langsung membersihkan pohon bambu tersebut. "Alhamdulilah sudah bisa dievakuasi dan aman terkendali," ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, dan jangan berada di bawah pohon saat hujan dan angin kencang. (zr/don)