Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-03 22:36:08

Diterjang Hujan Badai, Pepohonan dan Tiang Listrik di Alas Purwo Tumbang

BENCANA: Petugas PLN berupaya memperbaiki instalasi listrik di kawasan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, pasca diterjang hujan disertai angin kencang.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Puluhan pohon dan tiang listrik di kawasan Wisata Taman Nasional (TN) Alas Purwo, yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi tumbang akibat diterjang hujan dan angin kencang  pada Sabtu (2/01/2021) kemarin. Tapi perbaikan instalasi listrik dan pembersihan pohon tumbang baru selesai pada Minggu (3/01/2021) sore.

Pasca kedian, sejumlah petugas PLN pun sibuk memperbaiki instalasi listrik di Alas Purwo. Seperti memperbaiki tiang dan kabeh listrik yang ditimpa pohon tumbang.

Baca Juga : Tahun Baru 2021, Wisata Alas Purwo Banyuwangi Ditutup Empat Hari

Tohari, pegawai PLN ULP Kecamatan Muncar, saat dihubungi tadatodays.com, Minggu (3/01/2021) sore, membenarkan adanya tiang listrik di Alas Purwo yang tumbang setelah hujan disertai angin kencang.

Baca Juga : Hujan Disertai Angin, Rumah Terendam Pepohonan Tumbang

Ia menjelaskan, setidaknya ada 10 pohon yang tumbang, dan 2 di antaranya menimpa tiang listrik PLN yang menuju arah wisata G-land. “Tapi tidak sampai membuat listrik di kawasan Alas Purwo  padam,” ujarnya.

Dalam menangani pohon tumbang yang menimpa kabel tersebut, PLN menerjukan 10 petugas. Dalam pengerjaanya juga dibantu oleh petugas Taman Wisata Alas Purwo. “Kita selama dua hari pengerjaanya, dan hari Minggu baru selesai,” ungkapnya.

Taman Nasional Alas Purwo sendiri, merupakan salah satu kawasan destinasi wisata alam yang menjadi prioritas pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Selain keindahan alam yang eksotik, di dalam Alas Purwo juga terdapat ribuan satwa. Seperti Banteng, Macan Tutul, Kijang, Merak hingga satwa langka lainya.

Akan tetapi selama libur Tahun Baru 2021, Taman Nasional Alas Purwo ditutup bagi wisatawan. “Alhamdulilah wisata ditutup, jadi tidak ada wisatawan yang lewat dan pengerjaan jauh lebih cepat,” pungkasnya. (usm/don)