Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-25 19:48:55

Diterpa Angin, Pohon di Jalan Mastrip Probolinggo Tumbang dan Picu Kemacetan

TUMBANG: Petugas dari BPBD Kota Probolinggo dibantu relawan membersihkan pohon tumbang yang menutupi badan jalan Mastrip Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Hujan lebat disertai angin kencang pada Rabu (25/11/2020) siang membuat pohon besar di Jalan Mastrip, Kedopok, Kota Proboliggo tumbang. Batang pohon yang tumbang beserta akar-akarnya ini menutup badan jalan. Akibat insiden tersebut, jalanan macet selama 15 menit. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. “Arus lalin macet selama 15 menit. Korban laka dan korban jiwa nihil,” terang Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito.

Adapun peristiwa tersebut bermula pukul 13.10, saat hujan lebat disertai angin terjadi di wilayah Kota Probolinggo khususnya di sekitar jalan Mastrip, Kedopok, Kota Probolinggo. Pada pukul 13.25 petugas BPBD Kota Probolinggo mendapat laporan dari call center 112 bahwa pohon tumbang di Jl. Mastrip, tepatnya selatan GOR Mastrip, Kedopok, Kota Probolinggo.

Baca Juga : Pohon Beringin Ikonik Alun-alun Lumajang Tumbang Terbelah

Mendapat laporan seperti itu, tim reaksi cepat (TRC) 247 BPBD Kota Probolinggo yang dibantu relawan PB meluncur ke lokasi kejadian. “Kami bersihkan serta memotong pohon tumbang tersebut. Pukul 14.15 sudah selesai,” jelasnya.

Baca Juga : Diterjang Hujan Badai, Pepohonan dan Tiang Listrik di Alas Purwo Tumbang

Kalaksa BPBD Kota Probolinggo, Sugito menyampaikan bahwa dalam menghadapi puncak musim hujan bulan Desember 2020 - Januari 2021, dihimbau kepada masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, selokan, got, aliran air dan sungai dari sampah. Selain itu juga dihimbau untuk mengindari berteduh  dibawah pohon atau berdekatan dengan tiang-tiang saat terjadi hujan. “Kami menghimbau untuk melakukan kerja bhakti untuk membersihkan lingkungan dan saluran air. Apabila ada kejadian kedaruratan diharap melapor ke call center 112,” harapnya. (hla/hvn)