Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-07-24 18:57:02

Ditinggal Subuhan, Sepeda Gunung Jamaah Masjid di Kota Probolinggo Dicuri

TEREKAM: Ta"mir Masjid An-Nur menunjukkan rekaman kamera CCTV yang berhasil mendokumentasikan pelaku yang mencuri sepeda pancal milik jemaah masjid.

MAYANGAN - Sepeda gunung milik salah seorang jemaah Masjid An-Nur, digasak maling saat pemiliknya salat subuh. Peristiwa di masjid yang berlokasi di Jl. KH Hasym Ashari, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo tersebut, terjadi pada Jum'at (24/7) pukul 04.12.

Korban adalah Yudi Hermanto, 42, warga Jalan MT. Haryono, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Ia baru tahu kehilangan sepeda gunungnya setelah salat subuh usai sekitar pukul 04.45. "Dia datang kesini dalam posisi sudah mau salat, sedangkan yang jaga katanya sedang ke kamar mandi," terang Wakil Takmir Masjid An-Nur, Agus Saiful Hannan.

Baca Juga : Mencuri Enam Ekor Sapi, Warga Lumajang Diringkus Polsek Tiris

Menurutnya pelaku bahkan terekam CCTV masjid setempat. Dalam rekaman terlihat pelaku memakai sandal selop putih, celana, dan topi, serta kaos berwarna hijau.

Baca Juga : Saking Geramnya, Korban Pencurian di Probolinggo Ini Ajak Tersangka Duel

Sementara Sekretaris Takmir Masjid Jami' An Nur, Muhammad Ma'sun, 67, warga RT 2, RW 5, Keluarhan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo menambahkan bahwa pelaku masuk dari arah selatan. Atau jalan raya Panglima Sudirman. Ciri-ciri pelaku yaitu berbadan kekar. "Wajahnya tidak bisa dilihat jelas. Isya Allah mungkin belum dilaporkan kepada polisi," terangnya.

Menurutnya pencurian sepeda juga pernah terjadi di lokasi yang sama dan menimpa santri yang mengaji. "Biasanya tidak seperti itu. Pas apesnya, sepi sekali, sholat semua, pas waktu sholat itu diambil dibawa ke utara," jelasnya.

Pihaknya menghimbau bagi jamaah yang punya sepeda, apapun jenisnay, agar dikunci dan lebih waspada. Korban Yudi menurutnya memang sering menunaikan ibadah salat lima waktu berjamaah di masjid setempat.

Sedangkan dalam akun Facebook, Yudi Hermanto disebutkan bahwa sepda yang hilang bermerk Odessy. Sepeda tersebut memiliki ciri-ciri sadel pinggir berwarna merah, sedangkan ban belakang dan depan masih baru. (hla/hvn)