Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-24 11:14:46

DPRD Jember Segera Usulkan Pelantikan Hendy-Gus Firjaun

KEBUT: Ahmad Halim, Wakil Ketua DPRD Jember saat diwawancara sejumlah wartawan, dan memastikan bahwa legislator segera menyurati Gubernur Jatim untuk melantik cabup-cawabup terpilih Hendy-Gus Firjaun.

JEMBER, TADATODAYS.COM - DPRD Jember langsung mengusulkan tahapan pelantikan pasangan bupati dan wabup terpilih hasil Pilkada 2020 Kabupaten Jember, yakni pasangan H. Hendy Siswanto dan KH. Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun).

Usulan untuk segera melantik paslon nomor urut 02 itu, ditujukan kepada Gubernur Jawa Timur untuk kemudian diteruskan ke Kemendagri RI.

Baca Juga : Komisi A Minta Baliho Forkopimda Jember Diturunkan. Ini Alasannya

Wakil Ketua DPRD Jember, Ahmad Halim mengatakan, langkah untuk mengusulkan tahapan pelantikan pasangan bupati dan wakil bupati baru itu, setelah pada Jumat (22/1/2021) lalu KPU Jember telah menetapkan pasangan Hendy dan Gus Firjaun sebagai pasangan terpilih.

Baca Juga : RDP, Komisi A DPRD Jember Temukan Banyak Persoalan Tanah Kas Desa

Halim mengatakan, sebelumnya Gubernur Jatim telah menerbitkan surat edaran (SE) bernomor 131/371/011.2/2021 perihal Usul Pemberhentian dan Pengesahan Pengangkatan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020. "Segera akan mengusulkan pelantikan bupati baru," katanya.

Dengan usulan itu, politisi Partai Gerindra ini menyampaikan bahwa DPRD akan mempercepat proses pemerintahan Jember sesuai visi dan misi yang diusung oleh pasangan bupati dan wakil bupati yang baru.

Menurutnya, keinginan makro bupati terpilih untuk pengembalian hak warga Jember tentu disambut baik oleh legislator. "Dengan langkah teknis pengentasan kemiskinan, tentu dengan progam-progran yang disiapkan untuk segera direalisasikan," ungkapnya.

Namun demikian, Halim juga mengingatkan, agar bupati dan wakil bupati terpilih juga harus benar-benar menjalankan program-programnya. Tentunya, program tersebut secara stimultan didukung dengan data, serta sasaran tepat guna. "Kami ingatkan untuk harus terintegrasi antar lembaga," katanya.

Ia juga berharap agar bupati terpilih untuk dapatnya berkoordinasi dengan DPRD sebagai mitra, serta segera membentuk tim teknis perancang APBD 2021. "Karena di Pemkab Jember ini, APBD 2021 belum selesai," harapnya. (as/don)