Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-04 20:16:47

Dua Pasien Kasus Probable di Kabupaten Probolinggo Meninggal Dunia

RUJUKAN: RSUD Tongas, salah satu rumah sakit rujukan covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Di rumah sakit ini, dua pasien probable meninggal dunia pada saat menjalani perawatan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo melaporkan dua orang warganya yang terkonfirmasi positif covid-19 meninggal dunia, Senin (3/8/2020). Di antaranya adalah lelaki 33 tahun, warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas.

Lelaki ini adalah pasien yang memiliki kontak erat dengan pasien yang sudah positif sebelumnya. Ia menjalani perawatan di RSUD Tongas dengan gejala komorbid kelebihan berat badan atau obesitas.  Saat itu dilakukan pemeriksaan rontgen ternyata ada pneumonia, dan saat dilakukan swab ternyata hasilnya positif.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Haul KH. Abdul Hamid Pasuruan Digelar Terbatas

Kemudian, perempuan 46 tahun warga Desa Pabean, Kecamatan Dringu yang juga meninggal dunia. Saat meninggal, ia masih masuk dalam kategori kasus probable. Yaitu kasus klinis yang diyakini Covid-19, kondisinya dalam keadaan berat dengan ARDS atau ISPA berat serta gangguan pernafasan yang sangat terlihat. Namun belum dilakukan pemeriksaan laboratorium melalui RT-PCR. Meski hasil swabnya belum keluar, yang bersangkutan tetap dimakamkan dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Baca Juga : 7 Provokator Pengusiran Petugas Medis di Gunggungan Lor Pakuniran Akui Kesalahan

"Terkait pemakaman semuanya dilakukan sesuai dengan protokol pemakaman covid-19," tutur juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Yoelijanto.

Hasil swab kedua pasien ini keluar berbarengan dengan 8 orang lainnya yang juga dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19. Tetapi 8 orang tersebut semuanya dinyatakan sehat dan masuk dalam kategori OTG (orang tanpa gejala). "Mereka masuk dalam klaster pelangi tidak jelas sumber penularannya," tandas Anang.

Di sisi lain, Satgas juga melaporkan 10 orang warganya yang dinyatakan sudah sembuh dari covid-19. Mereka langsung dipulangkan namun dengan ketentuan harus melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditentukan.

Karena tembahan tersebut, pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo sebanyak 272. Rinciannya 31 orang dirawat dan menjalani isolasi, 194 orang sembuh dan 7 orang lainnya meninggal dunia. (zr/hvn)