Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-29 13:31:33

Dua Pejabat yang Dilorot, Kembali Dikukuhkan Jadi Kepala Dinas

PELANTIKAN: Mahbub Zunaidi dan Yahyadi kembali dikukuhkan sebagai kepala dinas di lingkungan Pemkab Probolinggo. Mahbub menjadi Kepala Dinas Pertanian. Sedangkan Yahyadi sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemkab Probolinggo melakukan pelantikan dan pengukuhan terhadap dua kepala perangkat daerah yang sebelumnya sempat dilorot jadi tenaga analis, yaitu Mahbub Zunaidi dan Yahyadi. Dalam pelantikan Senin (29/8/2022) pagi, Mahbub Zunaidi dikukuhkan sebagai kepala Dinas Pertanian. Sedangkan Yahyadi dikukuhkan sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Pelantikan ini dilakukan setelah keduanya melewati proses asesmen dan uji kelayakan. Bertempat di Ruang Tengger, Kantor Bupati Probolinggo di Kraksaan, Senin sekitar pukul 09.00 WIB, keduanya dikukuhkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Timbul Prihanjoko. 

Baca Juga : Ahmad Nahrowi Dilantik sebagai Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo

Wabup Timbul Prihanjoko mengucapkan selamat kepada Mahbub dan Yahyadi. Wabup juga berpesan agar keduanya segera merespon dan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Baca Juga : Ahmad Nahrowi Resmi Dilantik sebagai Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo

Menurutnya, keduanya bukan orang baru lagi sebagai kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan dedikasinya untuk pemerintah sudah cukup tinggi. Hanya karena ada aturan yang membuat proses pengukuhan dan pelantikannya melambat. "Jadi segera untuk melakukan koordinasi dengan OPD lainnya," terang Wabup.

Mahbub Zunaidi sendiri mengaku bersyukur telah kembali menjadi kepala OPD setelah sebelumnya dinonjobkan karena perubahan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK). Namun, hal itu bukan masalah baginya, karena dirinya tetap patuh terhadap apapun yang menjadi putusan pimpinan.

Ia menjelaskan OPD yang saat ini diembannya selain pada pertanian juga merangkap pada sektor peternakan. Sehingga perlu belajar untuk peternakan, sedangkan untuk pertanian dirinya sudah berpengalaman sebelumnya. "Kami akui bebannya tambah besar," ucapnya.

Ucapan syukur juga diutarakan oleh Yahyadi. Usai dikukuhkan ia mengatakan kalau patut berbangga karena diamanatkan pada Dinas Ketahanan Pangan yang sudah pernah ia jabat sebelumnya. "Yuk sama-sama memajukan Kabupaten Probolinggo," ajaknya.

Diberitakan sebelumnya, Mahbub dan Yahyadi pada 19 Mei 2022 lalu dilorot dari jabatan kepala dinas menjadi tenaga analis. Hal itu dikarenakan ada perubahan SOTK, yang membuat perubahan terhadap sejumlah OPD.

Termasuk di dalamnya ialah Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) yang semula dikepalai oleh Yahyadi, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DPKK) yang sebelumnya dikepalai Mahbub Zunaidi. (zr/why)