Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-13 21:59:29

Dua Pemotor Tabrak Truk di Pintu Tol Leces, 1 Tewas, 1 Kritis

OLAH TKP: Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), di dekat pintu Tol Leces. (Istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Nahas Menimpa Mohammad Toha, 24, warga Dusun Tigasan Wetan, RT/RW 03, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Ia meninggal dalam kecelakaan lalu lintas di pertigaan Exit Tol Leces, Kabupaten Probolinggo, Rabu (13/1/2021).

Saat kejadian, traffic light di pintu keluar Tol Paspro itu tidak berfungsi. Kondisi itulah yang menyebabkan kendaraan saling terobos, hingga mengakibatkan kecelakaan.

Baca Juga : Dump Truk Hantam Truk dan 2 Motor, 2 Tewas

Ceritanya, Rabu siang itu satu unit truk boks nopol B 9841 TCI bergerak dari arah selatan ke utara, lalu berbelok dengan kecepatan tinggi ke arah  Gerbang Timur Exit Tol Leces. Truk itu dikemudikan Indra Cahyono, 37, warga Jl. Manukan Kasman 17, Kecamatan Manukan Kulon, Kota Surabaya.

Baca Juga : Kuli Tewas Tertimbun Longsoran Sirtu

Saat truk itu bergerak, dua orang petugas penyeberang jalan sudah memberi tanda peringatan hati-hati menggunakan tongkat lalu lintas. Hal itu dilakukan, karena traffic light yang terpasang di sisi utara dan selatan dekat pintu keluar tol sedang mati.

Di saat yang bersamaan, muncul pengendara motor Honda Supra nopol N 4904 DE yang dikendarai Mohammad Toha, yang berboncengan dengan Muhammad Sahur, 40, juga warga Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces.

Alhasil, 2 kendaraan itu saling bertabrakan. "Sopir motor meninggal di tempat," ujar Kanit Laka Polres Probolinggo, Iptu Nyoman Harayasa.

Sementara, saksi mata yang merupakan petugas penyeberang di dekat Exit Tol Leces, Abdullah, 35, warga Desa Kerpangan, Kecamatan Leces, dan Rudi Hartono, 29, warga Desa Clarak, Kecamatan Leces mengatakan, mereka sebelumnya akan menghentikan laju 2 kendaraannya tersebut. "Tapi pengendara itu tetap menerobos," kata Abdullah.

Abdullah menjelaskan, saat itu pengendara motor, yaitu Mohammad Toha, mengalami pendarahan di bagian mulut dan meninggal di tempat. Kondisi serupa juga dialami Muhamad Sahur, namun nyawanya masih terselamatkan. Sedangkan sopir truk hanya mengalami luka ringan.

Abdullah melanjutkan, dalam kecelakaan itu sepeda motor korban menabrak bagian boks truk. "Boks mobil dan sepeda motor rusak," lanjutnya, sambil ditemani Rudi Hartono.

Saat ditanya perihal kondisi traffic light, Abdullah menyebut bahwa lampu lalu lintas itu sudah tidak berfungsi sejak awal Tahun Baru 2021. (ang/don)