Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-10-30 21:05:04

Dua Pohon Tumbang di Lokasi Berbeda di Pasuruan

TUMBANG: Dua Pepohonan yang jatuh di dua lokasi di Kota Pasuruan. Diduga pembangunan irigasi milik PT. KAI menjadi penyebabnya.

PASURUAN, TADATODAYS.COM - Dua pohon di dua ruas jalan yang berbeda di Kota/ Kabupaten Pasuruan, tumbang.

Kejadian tersebut terjadi Jumat (30/10/2020) sekira pukul 13.00 WIB saat dua pohon itu jatuh di tengah jalan raya dalam waktu yang hampir bersamaan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, menurut Mochammad Fikri, warga Kecamatan Winongan yang berkendara melewati lokasi, jalanan sempat macet.

Baca Juga : Sepekan Kedepan Potensi Cuaca Ekstrem Meningkat

Di wilayah Kota Pasuruan, lokasi runtuhnya pohon berada di Jl Hayam Wuruk, Keluruhan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo.

Baca Juga : Diterpa Angin, Pohon di Jalan Mastrip Probolinggo Tumbang dan Picu Kemacetan

"Kejadian sekira 13.15 WIB. Kami datang ke sini ada pohon jatuh, penyebabnya akar pohonnya rapuh," ucap Alam, selaku petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Pasuruan.

Kerja cepat petugas kebersihan kemudian membuat pohon yang jatuh dipotong menjadi beberapa bagian. "Hanya 1 pohon yang tumbang. Ini ada motor yang tertimpa dan rusak waktu pengendara melaju dari barat ke arah timur. Namun motornya dititipkan di sini, korbannya keluar masih sama temannya," paparnya

Berbeda dengan wilayah kota, pohon tumbang di Jl. Raya Rejoso, Desa Rejoso Lor, Kecamatan Rejoso, diduga tumbang akibat pembangunan saluran irigasi milik PT. Kereta Api Indonesia.

Kepala Seksi Kedaruratan Dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pasuruan, Dul Bari. Ia menyampaikan kejadian jatuhnya pohon ini disebabkan oleh angin kencang dan juga rapuhnya akar. Bahkan ia menyampaikan bahwa BPBD sudah siap mengantisipasi bencana dimusim penghujan ini.

"Penyebabnya juga sementara ini diduga soal pembangunan irigasi yang memotong akar, karena berdekatan dengan pohonnya," imbuhnya. (ang/hvn)