Andika Apriyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-10 20:19:52

Dua Rumah di Banyuwangi Rusak Akibat Hujan Lebat, Kerugian Rp 10 Juta

RUSAK: Dua rumah warga di Desa Tambong, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi rusak akibat derasnya aliran hujan.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Banyuwangi Jumat, (8/7/2021) malam, mengakibatkan 2 rumah warga di Desa Tambong, Kecamatan Kabat, mengalami kerusakan. Akibat kejadian tersebut, pemilik rumah menelan kerugian hingga Rp 10 juta.

Dua rumah itu di antaranya milii Samsul Hadi dan Ahmad Yani. Penyebab rusaknya kedua rumah itu sama, yakni pondasi rumah tidak kuat menahan derasnya air hujan. Bedanya, jika rumah Samsul Hadi rusak di bagian teras, sementara rumah Ahmad Yani rusak di bagian dapur.

Baca Juga : Antre Vaksinasi Program Polresta Banyuwangi, Warga Berdesakan dan Berkerumun

Kades Tambong Agus Hermawan mengatakan, 2 rumah tersebut memang berada di wilayahnya. Bahkan, rumah milik Samsul Hadi selama ini juga digunakan anak-anak sekitar mengaji. “Yang satunya rumah warga dibuat musala, biasanya anak-anak desa sini juga menggunakan untuk mengaji,” jelasnya.

Baca Juga : Longsor Menerjang Banyuwangi, Seorang Warga Tewas, 3 Rumah Rusak

Agus -sapaan akrabnya- menambahkan, pihaknya dibantu warga sekitar saat ini telah melakukan upaya pembersihan material bangunan. Mengenai perbaikannya, ia masih melakukan inventarisasi kebutuhannya apa saja. Namun yang pasti, perbaikan kedua rumah itu membutuhkan sekitar sepuluh juta rupiah.

“Saat ini kamis masih melakukan pembersihan dari puing-puing bangunan, mengenai bantuan nanti kita data terlebih dahulu kebutuhan apa saja yang bisa kita berikan,” katanya. (dik/sp)