Andika Apriyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2021-09-08 18:50:10

Dua Tahun Pandemi, Perusahaan Konveksi di Banyuwangi Akhirnya Tutup

KETENAGAKERJAAN: Kabid Hubungan Industrial Disnakertrans Banyuwangi Muhammad Rusdi, mengaku telah berupaya memeadiasi PT Baguda Wear sebelum akhirnya tutup. Ia menyebutkan, perusahaan konveksi tersebut tengah mengupayakan pesangon untuk 80 karyawan yang di-PHK.

BANYUWANGI, TADATOADAYS.COM - Salah satu perusaan konveksi di Banyuwangi, PT. Baguda Wear yang berada di Jl. Gambor, Dusun Bangunrejo, Kecamatan Singojuruh, terpaksa gulung tikar dan mem-PHK 80 karyawannya. Hal itu terjadi, lantaran perusahaan tersebut sudah tak mampu beroperasi dampak dari pandemi covid-19.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banyuwangi melalui Kepala Bidang Pengembangan Hubungan Industrial, Muhammad Rusdi, Rabu, (8/9/2021) mengatakan, pandemi covid-19 membuat perusahaan tersebut bangrut.

Baca Juga : PTM di Kota Probolinggo Segera Terealisasi, Tapi Hanya Perwakilan di Setiap Kecamatan

Rusdi menjelaskan, sebelumnya perusahaan tersebut telah bertahan dengan mengurangi hari kerja. Namun pada akhirnya perusahaan angkat tangan dan menyatakan tidak mampu lagi mempertahankan.

Rusdi menyebut, PT Baguda Wear merupakan perusahaan konveksi yang bergerak di bidang usaha pembuatan pakaian dalam skala pemesanan (order). “Para pembeli semakin berkurang, bahkan tidak ada" ujarnya.

Mengenai upaya yang dilakukan oleh Disnakertrans Banyuwangi, Rusdi mengklaim bahwa pihakanya telah beberapa kali melakukan mediasi bersama PT. Baguda Wear untuk memikirkan nasib karyawan yang di-PHK. "Katanya mau mengusahakan pesangon," tuturnya. Ucapnya.

Rencananya, pesangong itu akan diupayakan dengan menjual beberapa aset perusahaan dalam rentang 3 tahun. (dik/don)