Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-20 17:30:16

Duh! Pekan Olahraga Kabupaten Probolinggo Kembali Ditunda

MENUNGGU: Atlet hockey Kabupaten Probolinggo yang berasal dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Probolinggo, harus gigit jari. Pasalnya, even Porkab 2021 kembali ditunda lantaran PPKM Kabupaten Probolinggo masuk level 3.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pekan Olahraga Kabupaten Probolinggo (Porkab) kembali ditunda. Semula, Porkab mulai digeber pada hari ini, 20 Oktober - 4 November 2022. Namun, status level PPKM Kabupaten Probolinggo tidak memungkinkan untuk digelarnya even olahraga empat tahunan ini.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo, Sugeng Nufindarko mengatakan dalam surat Instruksi Mendagri (Inmendagri), Kabupaten Probolinggo masuk pada level 3. Level itu disebabkan karena kurangnya capaian vaksinasi di Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga : 10 Atlet Kabupaten Probolinggo Berlaga di PON XX

Dimana vaksinasi sendiri harus mencapai 50 persen. Kalau sudah mencapai angkat tersebut, maka Probolinggo akan turun menjadi level 2 dan bisa menggelar Porkab. "Harapannya dua minggu dapat 50 persen," terangnya, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga : 10 Atlet Kabupaten Probolinggo Berlaga di PON XX Papua

Sebenarnya, kalau melihat pada assesmen penilaian Menteri Kesehatan, Kabupaten Probolinggo masuk pada level 1. Hanya saja yang menjadi acuannya hingga saat ini adalah Instruksi Mendagri. Sehingga pihak kepolisian setempat juga tidak memberikan izin gelaran Porkab.

Padahal persiapan demi persiapan sudah dilakukan oleh KONI dan instansi terkait. Seperti halnya pendaftaran yang tidak menyebabkan kerumunan, lalu pertandingan yang nanti tanpa penonton. Hingga semua yang bersangkutan dalam Porkab wajib divaksin. "Apa bisa dikata," katanya.

Terpisah, Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi menyampaikan kalau tidak diberikan izin Porkab itu mengacu pada Inmendagri nomor 53. Inmendagri itu menyebutkan bahwa Kabupaten Probolinggo masuk level 3. Pada bagian 4 huruf L nomor 1 Inmendagri itu disebutkan bahwa untuk pertandingan olahraga ditiadakan.

Dengan kondisi itu, KONI akan melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur. "Kami tanyakan apakah ada relaksasi aturan," ujarnya.

Sekadar informasi, Porkab 2021 ini akan diikuti 1.628 orang atlet perwakilan dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Yang terdiri dari 1.158 atlet putra dan 470 atlet putri. Atlet-atlet ini akan berlaga di 14 cabor.

Di antaranya, cabor balap sepeda, bola basket, bola tangan, bola voli, bulu tangkis, catur, futsal, hockey, pencak silat, renang,  sepakbola, sepak takraw dan cabor tenis meja. (zr/don)