Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-23 21:46:34

Eks Karyawan PT Kertas Leces Demonstrasi, Tuntut Pembayaran Gaji Rp 229 M

TUNTUTAN: Mantan karyawan PT Kertas Leces tak lelah untuk menuntut pemenuhan hak gaji yang belum dibayarkan oleh mantan direksi PT Kertas Leces. Meski pabrik yang memproduksi kertas tersebut telah tutup, namun upaya eks karyawan agar gajinya dibayarkan terus disuarakan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Ratusan eks karyawan PT Kertas Leces kembali menggelar demonstrasi, di depan bekas Pabrik Kertas Leces dan Exit Tol Probolinggo Timur, Kamis (23/12/2021) mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Mereka menuntut hak gaji 1.800 mantan karyawan yang belum terbayar sebesar total Rp 229 miliar.

Dalam aksi itu, para demonstran yang tergabung dalam Serikat Karyawan (Sekar) dan Paguyuban Karyawan (Pakar) PT Kertas Leces menuntut kejelasan dari mantan direksi pabrik untuk membayarkan gaji dan pesangon selama 7 tahun. Karena perusahaan milik BUMN itu telah ditutup, tuntutan itupun disampaikan kepada pemenang lelang yang masih berada di area pabrik.

Baca Juga : Mahasiswa PMII Jember Minta Klausul Pertambangan Dihapus

Berdasarkan pantauan tadatodays.com, seorang demonstran berorasi di atas mobil pikap dengan tuntutan gaji dan pesangon yang hingga kini belum terbayar. Setelah beberapa jam berorasi, 5 orang perwakilan demonstran menemui jajaran pemenang lelang untuk mediasi di dalam area pabrik.

Dalam mediasi, lima orang itu juga meminta pemenang lelang untuk memperkerjakan eks karyawan.

Sekretaris Sekar, Muhammad Arham mengatakan permintaan itu dilakukan untuk memberikan kejelasan terhadap 1.800 eks karyawan yang tak mendapat gaji. "Karyawan ini telah lama menanti selama 7 tahun," ucapnya.

Arham menyebutkan, aksi ini tidak akan berhenti sampai ada kejelasan. Menurutnya, ia akan menggelar aksi demonstrasi berikutnya di kantor kementerian terkait untuk memperjuangkan gaji rekan-rekannya itu. "Gaji sebesar 229 miliar yang secara keseluruhan belum terbayarkan," ujarnya.

Setelah berdemo di depan eks pabrik PT. Kertas Leces, para pendemo kemudian berpindah ke Exit Tol Probolinggo Timur.

Selama beraksi di Exit Tol Probolinggo Timur, ratusan eks karyawan ini mendapat penjagaan ketat dari petugas gabungan Polres Probolinggo dan polsek setempat. Karena itu, jalan menuju arah Probolinggo-Lumajang mengalami kemacetan.

Sementara itu, perwakilan pemenang lelang eks PT Kertas Leces, Zamroni, enggan berkomentar ketika ditanya sejumlah wartawan. (ang/don)