Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-07-29 21:15:17

Empat Hari, 21 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dalam empat hari terakhir ini pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo terus bertambah. Selama empat hari ini, 21 orang terkonfirmasi positif baru.

Rinciannya, pada Minggu (26/7/2020) sebanyak 5 orang terkonfirmasi positif covid-19. Di antaranya lelaki usia 40 tahun, usia 37 tahun dan perempuan 52 tahun, asal Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas. Lalu lelaki 38 tahun, asal Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu. Empat orang tersebut masuk dalam klaster KTI Kota Probolinggo. Terakhir perempuan 35 tahun, Desa Tempuran, Kecamatan Bantaran, yang bersangkutan masuk dalam klaster pelangi.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Haul KH. Abdul Hamid Pasuruan Digelar Terbatas

Kemudian pada hari Senin (27/7/2020) sebanyak 3 orang, yakni perempuan 35 tahun, asal Desa Sumberkare, Kecamatan Dringu. Lelaki 48 tahun dan perempuan 39 tahun asal Desa Pesisir, Kecamatan Sumberasih. Selanjutnya pada hari Selasa (28/7/2020) sebanyak 1 orang, yakni perempuan usia 33 tahun, asal Desa Kalisalam Kecamatan Dringu. Semuanya masuk dalam klaster KTI.

Baca Juga : 7 Provokator Pengusiran Petugas Medis di Gunggungan Lor Pakuniran Akui Kesalahan

"Delapan orang masuk dalam klaster KTI, karena kontak erat dengan pasien positof sebelumnya yang bekerja di KTI dan satu orang lainnya masuk dalam Klaster Pelangi"

Delapan orang dari mereka hasil tes swabnya keluar langsung dari alat PCR (Polymerase Chain Reaction) yang ada di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Sedangkan satu orang pasien, hasil dari tes swab dari BBTKL (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Surabaya). Sembilan orang tersebut di laporkan dalam keadaan sehat dan masuk dalam kategori OTG (orang tanpa gejala) sehingga hanya diisolasi di rumah pengawasan milik pemkab setempat.

"Mereka hasil dari tracking. Meskipun demikian tracking tetap di lakukan untuk memperluas dan memperdalam kontak-kontak erat yang dilakukan" Terang dr. Anang Budi Yoelijanto, juru bicara Satgas Percepatan Pengananan Covid-19 Kabupaten Probolinggo.

Sementara tambahan 12 orang terkonfirmasi positif COVID-19 pada Rabu (29/7/2020) ini masuk ke dalam Klaster Pelangi. Penularan di antara mereka terjadi secara horizontal dan tidak jelas sumbernya dari mana. "Mereka dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab positif dari PCR (Polymerase Chain Reaction) Jember,” kata dr. Anang.

Tak hanya tembahan pasien positif, satgas juga melaporkan adanya pasien sembuh. Akumulasi pasien sembuh dari Minggu (26/7/2020) hingga Rabu (29/7/2020) sebanyak 23 orang.

"Alhamdulilah kondisi mereka sehat walafiat. Semuanya dinyatakan sembuh setelah hasil tes swab melalui PCR (Polymerase Chain Reaction) dinyatakan negatif," jelas dr. Anang.

Saat ini jumlah pasien terkonfimasi positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo sebanyak 211 orang, 29 orang di antaranya dirawat dan menjalani isolasi, 176 orang dinyatakan sembuh, serta 6 orang lainnya dilaporkan meninggal dunia. (zr/hvn)