Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-25 20:14:17

Enam Pegawai Puskesmas Kedopok Positif Covid-19, Layanan Dialihkan ke Wonoasih

DITUTUP: Gerbang depan Puskesmas Kedopok yang dipasang banner berisi penutupan layanan. Puskesmas di Jalan Mastrip itu ditutup selama enam hari.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Puskesmas Kedopok ditutup  selama enam hari ke depan. Yaitu mulai dari Jum'at (25/9/2020) hingga Rabu (30/9/2020) mendatang. Hal tersebut dilakukan menyusul adanya sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) dan karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga untuk sementara waktu pelayanan kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Jalan Mastrip itu dialihkan.

Adapun di depan pintu gerbang puskesmas tersebut terpampang banner yang berisi permintaan maaf dengan adanya penutupan sementara pelayanan di puskesmas setempat. Pelayanan pasien dan rujukan BPJS dialihkan ke Puskesmas Wonoasih.

Baca Juga : 7 Provokator Pengusiran Petugas Medis di Gunggungan Lor Pakuniran Akui Kesalahan

Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kota Probolinggo, Nurul Hasanah Hidayati membenarkan penutupan terssbut. Diharapkan Kamis (1/10/2020) mendatang, Puskesmas Kedopok sudah dibuka. “Fungsi penutupan itu adalah untuk melakukan pemeriksaan test swab dan proses disinfeksi. Atau pembersihan ruangan-ruangannya,” terang Nurul.

Baca Juga : Operasi Masker di Kabupaten Probolinggo Tunggu Hakim dan Jaksa

Nurul mengatakan, hasil tes swab nakes dan karyawan, keluar pada Kamis (24/9/2020) dari Surabaya. Dengan 6 orang terkonfirmasi posditif. Sedangkan sumber penyebarannya belum bisa diperidiksi dari klaster mana. “Kalau untuk klaster kita harus tahu dulu bagaimana tracingnya. Saat ini tracingnya masih berjalan. Nanti kalau sudah ada titik temu, itu baru muncul namanya klaster,” jelasnya.

Karena kasus covid-19 di Kota Probolinggo masih tinggi, pihaknya berharap kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Baik masyarakat umum nonnakes maupun nakes. Pihaknya juga berharap selalu mematuhi 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak). (hla/hvn)