Alvi Warda


Wartawan Tadatodays.com | 2022-07-16 14:31:33

Finalis Anvapro 2022; Podcast Ngopi, Ngobrol Pintar bersama Kecamatan Kanigaran

PODCAST: Inovasi Podcast Ngopi ala Kecamatan Kanigaran yang diinisiasi Fery Riano (kanan), berhasil menjadi salah satu finalis 6 besar Anvapro 2022 kategori OPD.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Di era digital ini, masyarakat semakin mudah memperoleh informasi melalui berbagai media berbasis internet. Hal ini menjadi alasan terbentuknya Podcast Ngopi, atau Ngobrol Pintar ala Kecamatan Kanigaran. Podcast Ngopi membahas segala informasi yang diperlukan oleh masyarakat Kota Probolinggo.

Podcast Ngopi masuk 6 besar inovasi OPD dalam Anvapro 2022 yang digelar Bappeda Litbang Kota Probolinggo. Kamis (14/7/2022), tim juri Anvapro mengunjungi Kecamatan Kanigaran.

Baca Juga : Bappeda Litbang Menggelar Puncak Anvapro 2022; Walikota: Yang Paling Penting dalam Berinovasi adalah Kemauan

Inovator Podcast Ngopi adalah Fery Riano, yang sekaligus adalah Staf Tata Usaha Kecamatan Kanigaran. Menurut Fery, latar belakang adanya Podcast Ngopi adalah kebutuhan masyarakat atas informasi dan akses data yang mudah dan cepat, seiring dengan kemajuan teknologi informasi di era digitalisasi.

Baca Juga : Bappeda Litbang Gelar Puncak Anvapro 2022; Walikota: Yang Paling Penting dalam Berinovasi adalah Kemauan

Maka menurutnya, harus ada penyampaian informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat. Untuk itu, terpikirlah ide membuat podcast. “Semakin canggihnya teknologi, semakin terdorong untuk kami memberikan informasi yang bermanfaat,” ujar Fery.

Fery mengonsep Podcast Ngopi dengan beberapa poin. Ia menyebutnya PEPI atau Promosi, Edukasi, Publikasi dan Informasi. Kini, masyarakat bisa mengetahui berbagai informasi seputaran PEPI melalui Podcast Ngopi. “Jadi informasi bisa semakin transparan untuk masyarakat,” jelasnya.

Dampak dari Podcast Ngopi ini cukup signifikan dirasakan oleh Kecamatan Kanigaran. Pertama, adanya peningkatan jumlah pengunjung atau viewer dan subcriber di akun Youtube Salam Channel dari Kecamatan Kanigaran. Maknanya, masyarakat memperoleh informasi yang ditayangkan.

Kemudian adanya peningkatan jumlah jam tayang di akun media sosial, yang berdampak pada peningkatan akses data, informasi dan pengetahuan yang disampaikan.

Ketiga, adanya peningkatan jumlah interaksi warga, terkait materi konten yang diposting. Terakhir, dan yang menjadi tujuan utama adalah adanya peningkatan permintaan untuk menjadi narasumber, terkait publikasi dan informasi oleh pelaku umkm dan pelaku kesenian.

Podcast Ngopi sudah ada sejak tahun 2021. Layanan yang diberikan meliputi edukasi terhadap masyarakat, promosi UMKM dan ngobrol bersama sosok-sosok inspiratif Kota Probolinggo.

Fery memberikan prioritas bagi masyarakat kecamatan kanigaran sebagai fokus penggalian informasi di podcast ngopi. Namun ia juga akan menanggapi masyarakat di luar Kecamatan Kanigaran, yang ingin menggunakan layanan Podcast Ngopi. “Tapi kalau masyarakat kecamatan lain mau dibantu, monggo pintu terbuka,” ucapnya. (alv/why)