Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2022-06-01 18:31:54

Forkopimda Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Lahir Pancasila

KHIDMAT: Pejabat Pemkab dan Forkopimda Kabupaten Probolinggo mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di pendapa Prasadja Ngesti Wibawa.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Probolinggo, Rabu (1/6/2022), berlangsung khidmat dan meriah. Selain mengikuti upacara virtual, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga diumumkan pemenang lomba vlog dan yel-yel bertema ASN BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa.

Upacara yang diikuti Forkopimda di pendapa Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo itu, dipimpin Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo. Plt. Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dalam sambutannya mengatakan, Pancasila merupakan satu-satunya filosofi dasar dalam bernegara.

Baca Juga : Jemput Bola, Puskesmas Kraksaan Vaksinasi Booster hingga Pondok Pesantren

Baca Juga : Jemput Bola, Puskesmas Kraksaan Vaksinasi Booster hingga Ke Pondok Pesantren

VIRTUAL: Presiden Joko Widodo memimpi upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Forkopimda dan pejabat OPD Pemkab Probolinggo mengikutinya melalui virtual.

“Harapan saya, semua bisa mengimplementasikan ajaran Pancasila. Bahwa satu-satunya ideologi yang diakui di negara adalah Pancasila di Negara RI ini,” terangnya.

Timbul yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo tersebut bersyukur kebhinnekaan di Kabupaten Probolinggo terjaga dengan baik. Semua saling meghormati, baik antar umat beragam maupun antar suku. Inilah cerminan implementasi dari Pancasila yang ada di Kabupaten Probolinggo.

APRESIASI: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko menyerahkan penghargaan pada pemenang lomba vlog dan yel-yel bertema ASN BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa.

Usai upacara, Pemkab Probolinggo mengumumkan pemenang lomba vlog dan yel-yel. Lomba vlog dimenangkan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) sebagai Juara I, Inspektorat Juara II, Puskesmas Besuk Juara III, RSUD Tongas Harapan I dan Puskesmas Gending Harapan II.

Sedangkan pemenang lomba yel-yel diraih Puskesmas Sumberasih. Bagi para pemenang  berhak atas sertifikat dan uang pembinaan dengan total Rp 22.250.000.

BANGGA: Para pemenang lomba vlog dan lomba yel-yel foto bersama dengan Forkopimda Kabupaten Probolinggo setelah peringatan Hari Lahir Pancasila.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Probolinggo Anna Maria Dwi Susiandari mengatakan, branding core value ASN Bangga Melayani Bangsa itu sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2021. Kemudian ditindaklanjuti pencanangannya oleh Plt. Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko.

“Kami melakukan monitoring dan evaluasi, ternyata core value-nya masih belum sampai ke semua ASN yang ada di Kabupaten Probolinggo. Sosialisasinya mungkin kurang masif,” jelas pejabat yang akrab disapa Anna ini.

Ia lantas punya gagasan lomba, karena menyadari ASN di lingkungan pemkab banyak dari generasi milenial. Cara-cara kreatif pun ditempuh untuk bisa menyebarluaskan branding core value ASN tersebut.

Ia bersyukur respons Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemkab cukup tinggi. Sampai ada sekolah dan Puskesmas turut serta berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Hingga akhir batas waktu pengumpulan video, tercatat ada 49 video vlog dan 53 video yel-yel.

“Harapan kami, core value melalui branding ini mudah menyebar ke semua ASN yag ada di Kabupaten Probolinggo. Karena penanaman hal itu tidak mudah jika tidak dilakukan dengan masif,” jelasnya. “Semoga tujuan kegiatan in teraplikasikan di sikap dan budaya kerja dan dapat memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” imbuhnya. (*/hla/sp)