Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-31 11:06:17

Gagal Curi Bonsai, Kecebur Selokan, Dimassa

GAGAL: Salah satu tanaman bonsai yang sudah dicabut oleh pelaku telah ditanam kembali. Elok Kuswantoro, salah satu warga setempat menyebutkan bahwa satu tanaman tersebut seharga Rp 5 juta.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Warga Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo berhasil menggagalkan aksi pencurian tanaman bonsai jenis serut di rumah A.A Mustofa, 59, RT 1 RW 2, Rabu (30/3/2022) sekitar pukul 21.30 WIB. Warga yang kesal langsung menghajar pelaku yang kecebur selokan.

Informasi yang dihimpun tadatodays.com, pria yang hendak mencuri itu berinisial AA, warga Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Sebelum melancarkan aksinya, AA mengendarai motor Supra Fit Nopol N 4604 RK menuju rumah Mustofa -akrab disapa Totok- yang berada di selatan Jl. Soekarno Hatta.

Baca Juga : Ditinggal Andok Mie Dower, Motor Dicuri, Terekam CCTV

Pelaku yang melihat banyak tanaman bonsai di halaman rumah Totok, kemudian memarkir motornya di bahu jalan. Ia selanjutnya berjalan mendekati rumah Totok yang dipagar.

Baca Juga : Bekuk Spesialis Pencurian dengan Sasaran Nasabah Bank

Pria itu kemudian melompat pagar, dan berhasil masuk ke halaman rumah korban. tak berlama-lama, pelaku selanjutnya mencabut tanaman bonsai dari potnya.

PASRAH: Seorang pelaku yang gagal mencuri tanaman bonsai tak bisa berkutik setelah diamankan oleh warga. Pelaku selanjutnya digelandang ke Mapolres Probolinggo Kota, Rabu (30/3/2022) malam.

Beruntung, aksi pelaku dipergoki tetangga korban dan secara spontan berteriak maling. Warga sekitar pun mendatangi TKP. Sementara pelaku kaget dan meninggalkan halaman rumah korban dengan kembali melompat pagar. Akan tetapi, lompatan pelaku salah landasan. Ia malah kecebur di selokan di pinggir jalan setempat.

Dengan begitu, warga dengan mudah menangkap pelaku. Pelaku yang gagal mencuri itu langsung mendapat bogem serta ditendang oleh warga. Beruntung, amarah warga berhasil diredam setelah anggota Polsek Kademangan datang ke lokasi.

Tetangga korban, Elok Kuswantoro, 56, mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui pasti kejadiannya. Saat itu, ia sedang mengikuti kegiatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kantor Kelurahan Pilang.

Elok sendiri mengetahui adanya pelaku pencurian yang dimassa, setelah Ketua RT 1 setempat yang juga ikut acara Pokdarwi dihubungi warganya bahwa ada pencuri yang ditangkap. Karena itu, Elok pun juga mendatangi TKP dan melihat langsung pelaku yang sudah diamankan warga. "Pelaku sempat mengambil 2 tanaman bonsai," ucapnya.

Ia memgatkan jika pelaku diduga seorang diri saat melancarkan aksinya. Ia menyebutkan, harga bonsai yang diincar pelaku diperkiraan sekitar Rp 5 juta per tanaman.

Dari pantauan tatatodays.com di lokasi kejadian, pelaku selanjutnya dibawa ke Mapolres Probolinggo Kota. Polisi juga langsung melakukan olah TKP serta memanggil pemilik rumah. (ang/don)