Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-26 20:16:24

Gegara Monyet, Aliran Listrik di Probolinggo Mati

GELANTUNG: Seekor monyet yang bergelantungan di kabel jaringan listrik, membuat aliran listrik di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, mati. (foto: istimewa)

  PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satu Ekor Monyet tersangkut di kabel listrik tegangan 220 KiloVolt di Desa Sekarputih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Akibatnya, aliran listrik di  lebih dari 3 desa mati. Namun setelah dilakukan perbaikan oleh PLN, aliran listrik pun kembali nyala.

Humas UPT PLN Probolinggo, Beni Setiawan, membenarkan bahwa telah terjadi pemadaman yang sangat luas diakibatkan oleh seekor monyet. 

Ia mengatakan, kejadian itu terjadi pada Senin (25/1/2021) sekira pukul 18.00 WIB. "Di tegangan menengah dengan voltase 220 KV," ujarnya saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa (26/1/2021).

Beni, sapaannya, menyebutkan bahwa pihaknya mendengar kabar listrik padam dari masyarakat setempat. Selanjutnya, petugas teknik jaringan diterjunkan guna memperbaiki kabel listrik. "Ada satu ekor monyet saja. Saat dievakuasi monyet itu sudah jatuh," terangnya.

Tetapi, Beni tak menyebutkan berapa desa yang terdampak pemadaman. Namun petugas segera melokalisir tempat dan menormalisasi jaringan. Kalaupun ada yang belum menyala, Beni menyebut bahwa itu karena ada pemadam berseri. "Untuk berapa desa, pemadamannya meluas bukan hanya 1,2 dan 3 desa," ungkapnya.

Beni berharap kepada pelanggan, khususnya di luar Kecamatan Lumbang, jika ada pohon yang mendekati jaringan segera menghubungi PLN. "Kalau efisien bisa menghubungi PLN mobile," katanya. (ang/don)