Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-09-29 18:54:15

Geledah Tiga OPD di Dringu, KPK Sampai Kais Sampah

CARI: Seorang anggota kepolisian yang mengawal KPK di kantor Dinas Perikanan turut mengawasi proses pemindahan barang yang didapat oleh KPK ke mobil (kiri). Sementara di kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, petugas sampai mengais tempat sampah yang ada di depan kantor tersebut (kanan).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Penggeledahan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI di Probolinggo pasca OTT terhadap Bupati Probolinggo nonaktif Puput Tantriana Sari dan suaminya, Hasan Aminuddin benar-benar dilakukan semaksimal mungkin. Bahkan, tempat sampah yang ada di depan kantor Organisasi Perangkat Daerah (ODP) yang digeledah pun tak luput dari pencarian oleh petugas KPK.

Hal itu terlihat saat KPK menggeledah kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan), Jalan Raya Dringu, Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Rabu (29/9/2021). KPK tiba di kantor Dinas Peternakan dan Keswan sekira pukul 11.00, dengan pengawalan anggota Satuan Sabhara Polres Probolinggo Kota.

Baca Juga : Geledah Rumah Seorang Kontraktor, KPK Gunakan Mesin Penghitung Uang

Nah, sekira pukul 11.56, ada tiga orang yang keluar dari area kantor tersebut dengan melewati pintu gerbang. Dua orang laki-laki dan seorang lagi perempuan berkerudung.

Baca Juga : Langganan Dapat Proyek dan Jadi Timses Hasan Aminuddin, Rumah Pemborong Ini Digeledah KPK

Tak disangka, ketiganya ternyata mendekati tempat sampah permanen yang ada di sisi barat pintu gerbang kantor. Mereka kemudian mengais-ngais seisi tempat sampah tersebut. Tak jelas apa yang dicari oleh ketiganya. Namun yang pasti, keberadaan KPK di kantor Dinas Peternakan itu sebagai tindaklanjut kasus yang disidik KPK dengan tersangka Puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin, serta 20 tersanka lainnya.

Penggeledahan di kantor Dinas Peternakan itu selesai sekira pukul 14.30.

Selain di kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, KPK juga menggeledah dua kantor lainnya. Seperti kantor Dinas Perikanan, yang letaknya berjarak sekitar 30 meter di timur kantor Dinas Peternakan.

Petugas KPK tiba dan menggeledah kantor Dinas Perikanan sekira pukul 12.00. Tiga mobil KPK langsung masuk ke area belakang kantor Dinas Perikanan melalui jalan di sisi barat gedung kantor tersebut. Penggeledahan di Dinas Perikanan ini berlangsung hingga pukul 16.30, dengan membawa 2 koper. Selama penggeledahan berlangsung, semua pegawai di Dinas Perikanan tetap berada di dalam kantor.

Tim KPK yang menggeledah kantor Dinas Perikanan, sebelumnya lebih dulu menggeledah kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, di komplek perkantoran Dringu Jalan Raya Dringu, Desa Pabean, Kecamatan Dringu.

Di dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, KPK tiba sekira pukul 09.00.

Diketahui, penggeledahan di tiga kantor OPD tersebut masih berkaitan dengan OTT terhadap Puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin, 30 Agustus 2021 lalu. Hanya saja, hingga saat ini belum diketahui apakah serangkaian penggeledahan itu masih ada kaitannya dengan kasus dugaan suap jual beli jabatan Pj kades atau bukan. Rilis terbaru dari KPK juga belum ada. (ang/don)