Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-09-09 17:24:35

Geram, Warga Tangkap dan Bakar Motor Pencuri Kotak Amal

(foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Warga Desa Sumendi, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, benar-benar geram dengan aksi pencurian uang kotak amal di desanya. Setelah mengamankan seorang pelaku pencuri kotak amal, warga setempat langsung membakar motor pelaku.

Pencurian kotak amal itu terjadi di Masjid Nurul Huda, Desa Sumendi, Kamis (9/9/2021), sekira waktu subuh. Pelaku sempat dimassa dan dibogem oleh warga. Pelakunya bernama Tosan, 51, warga Dusun Dadak Timur, Desa Palesanggar, Kecamatan Pengantenan, Kabupaten Pamekasan.

Baca Juga : Bersembunyi saat Dikepung Polisi dan Warga, Pencuri Motor Berhasil Ditangkap

Informasi yang dihimpun tadatodays.com, pencurian kotak amal tersebut berhasil digagalkan oleh warga setempat. Bermula saat pelaku mengendarai motor matik dan berhenti di kawasan masjid.

Baca Juga : 10 Menit Diparkir, Motor Pembeli Kerupuk Dicuri

Pelaku yang melihat kondisi masjid sedang sepi, akhirnya beraksi dengan cara menyongkel kotak amal. Jamaah masjid yang baru selesai salat kemudian mendengar suara congkela, lalu pergi dan mendatangi sumber suara tersebut.

Ternyata, jamaah melihat seorang pelaku yang hendak mencuri kotak amal. Pelaku yang sadar langsung melarikan diri. Tetapi, jamaah masjid berteriak dan meminta tolong. Warga yang mendengar teriakan itu bergegas mengejar pelaku dan berhasil mengamankannya.

Setelah berhasil mengamankan pelaku, warga yang geram juga membakar motor korban. Dalam insiden itu, pelaku berhasil membawa uang amal sebesar total Rp 115 ribu.

Kapolsek Tongas, Iptu Gendut Wijayanto membenarkan kejadian pencurian kotak amal tersebut. “Pelaku dibawa ke Mapolres Probolinggo Kota,” katanya.

Menurutnya, pelaku sudah beberapa kali melakukan pencurian uang amal di sejumlah masjid. "Diduga aksi pelaku sama dengan aksi pencurian kotak amal di masjid (lainnya)," ujarnya. (ang/don)